Keep Update, Untuk Me-manage Boss

(Business Lounge – Lead & Follow) Berapa lamakah Anda telah bekerja? Pasti selama Anda bekerja, Anda telah menemukan beberapa tipe boss. Ada yang tipenya sangat mengatur detail, ada yang tipenya santai yang penting end result-nya. Ada yang tidak bisa diajak diskusi atau menjadi tempat bertanya,  ada yang sangat sibuk sehingga sulit dicari, ada juga yang tipenya menjadikan kita tangan kanan yang diandalkan.

Yah manusia memang 1001 macam dan memang tidak ada satupun yang sama. Karakter manusia begitu beragam dan unik.

Memahami Atasan

Jika kita menjadi seorang follower dan ada seorang leader yang menjadi atasan kita, maka memang kuncinya adalah kita harus pandai-pandai menempatkan diri dan bisa membaca situasi agar pekerjaan pun aman dan kita tidak “clash” dengan boss. Mungkin Anda pernah membaca sebuah buku yang popular karangan Ros Jay pada tahun 2002 yang berjudul  “How to Manage Your Boss”. Buku itu begitu menarik dan mengajarkan kita cerdas agar dapat tidak menjadi korban yang dari kondisi apapun yang kita hadapi di kantor.  Memang setiap karyawan harus dapat memahami atasannya dan mengambil peluang yang dapat diambil dengan ketulusan dan kejujuran, bukan dengan cara-cara yang tidak jujur.

Ada satu langkah sederhana yang sebenarnya sangat jitu untuk Anda jadikan senjata untuk mengatur boss Anda. Langkah itu adalah “Keep Update”.  Sebagai seorang follower maka semua yang Anda kerjakan sebaiknya Anda update kepada atasan Anda. Hal ini terlepas dari apakah tipe boss Anda. Apakah dia memintanya atau tidak, itu tidak masalah. Kerjakan saja untuk setia terus memberikan update, baik itu diberikan harian, mingguan maupun bulanan.

Keuntungan “Keep Update

Apakah keuntungan untuk menjadi seorang follower yang keep update?  Keuntungan itu bukan bagi boss, tetapi bagi diri Anda sendiri. Berikut ini adalah keuntungannya:

  1. Anda menunjukkan Anda seorang yang rajin, setiap hari ada yang Anda kerjakan. Bahwa Anda tidak hanya duduk diam tanpa mengerjakan apa-apa. Anda dengan murah hati membiarkan boss tahu apa saja yang Anda kerjakan.
  2. Anda menunjukkan bahwa Anda menghargai dan membutuhkan si boss, Anda menganggap dia sebagai atasan Anda yang sebenarnya.
  3. Anda menunjukkan bahwa Anda bersedia diintervensi untuk pekerjaan yang Anda lakukan, itu sebabnya Anda memberitahukan kepada boss untuk apa yang Anda lakukan.
  4. Anda membuat boss merasa aman karena Anda dapat diandalkan dan dipercaya. Tiba waktunya akan ada promosi yang datang tentang Anda. Bukan mustahil karir Anda melesat cepat.
  5. Update dari Anda  bahkan dapat membuat boss bergerak atau mengambil suatu kebijakan, jika itu terjadi berarti update yang Anda lakukan mengandung informasi yang berguna.

Memberikan update memang merupakan sesuatu yang perlu dijadikan kebiasaan harian. Usahakan pada akhir dari kegiatan Anda di kantor Anda berikanlah summary kegiatan sehari itu dan emailkan pada semua yang terkait baik itu atasan maupun bawahan yang Anda rasa perlu untuk mengetahui apa yang Anda tulis. Tidak perlu panjang tapi bersifat informatif dan komunikatif. Jika hal ini menguntungkan bagi diri sendiri, mengapa tidak mencobanya?

Vera Herlina Vera Herlina/VMN/BL/CEO of Management Soft Skill Academies Vibiz Consulting Group