Goodyear Temukan Ban Pintar Pamerkan Keunggulannya

(Business Lounge – Automotive) Ban pada kendaraan merupakan satu komponen yang sangatlah vital dalam berkendara. Lalu apa inovasi yang penting kali ini yang ditampilkan sebuah teknologi Ban? Goodyear sang pioner kali ini memamerkan dua inovasi ban pintar yang mereka sebut “BHO3” dan Triple Tube.

The-Goodyear-Tire-and-Rubber-Company-BH-03-030215-1_10s

Goodyear-tires-able-to-generate-electric
Joe Zekoski, Goodyear’s senior vice president and chief technical officer menyatakan bahwa ban merupakan hal yang sangat menentukan pada masa yang akan datang. Sebuah inovasi yang ditawarkan ini memanfaatkan panas yang dihasilkan gesekan ban dan jalan raya yang disalurkan pada pengubah daya yang mengisi kembali battery, untuk kendaraan listrik ini artinya menambah jarak tempuh kendaraan kita.

BHO3 merupakan konsep yang luar biasa dan sangat cerdas karena mengedepankan efisiensi dan menyerap energi yang selama ini terbuang dengan sia-sia dari sebuah kendaraan yang bergerak. Energi dapat tersimpan dan terserap oleh ban karena penampang khusus ultra black texture yang terpasang di ban.
youfeed-tecnica-goodyear-bh03
Inovasi kedua adalah Triple Tube dengan ban kendaraan yang dibentuk dari tiga tabung yang dapat dikontrol dari kendaraan kita sehingga bentuk ban akan menyesuaikan kontur jalan. Bentuk permukaan ban akan berubah ketika kondisi jalanan pun berubah dan juga ketika kendaraan akan bergerak lebih cepat. Hal ini dikarenakan tiga tabung pada ban yang dapat diatur dengan komputer yang telah diprogram pada kendaraan.

Hal ini sangat menyenangkan karena berarti kita akan selalu siap pada segala kondisi dan medan jalan, bahkan yang untuk medan yang paling ekstrim sekali pun.

Inovasi ini sangat menarik dan untuk pertama kalinya diperlihatkan di Geneva Autoshow yang lalu. Berminat?

Dato/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Image: nstautomotif