Setelah Korsel, Kini Tongsis dan Drone Dilarang di Eropa

(Business Lounge – Tech & Gadget) Setelah beberapa waktu lalu penggunaan tongkat narsis ‘dilarang’ di Korea Selatan (baca : Tongsis Dilarang di Korea Selatan), kini di Prancis, penggunaan tongsis juga akan mengalami hal yang sama.

Pelarangan tongsis di Perancis dipertimbangkan oleh para pengelola museum karena dikhawatirkan dapat merusak berbagai benda-benda seni yang ada di museum akibat tersenggol perangkat tersebut.

Sementara di Inggris, beberapa taman kota telah menjadi area terlarang bagi penerbangan drone. Alasan pelarangan penerbangan drone antara lain adalah bahwa penerbangan drone dapat mengganggu kehidupan binatang dan membahayakan keselamatan pengunjung, seperti dilansir dari Electronista (10/3).

Beberapa taman di London yang pengunjungnya tidak boleh menerbangkan drone antara lain adalah Hyde Park dan St James Park.

Bagaimana dengan Indonesia? Sampai saat ini tidak ada pelarangan baik penggunaan tongsis maupun drone, malah kedua perangkat ini semakin marak penggunaannya dan menjadi trend, khususnya bagi kalangan muda dan pecinta dunia photografi.

W.Lubis/VMN/BL/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Lidia Wulan