Kota-kota Bersih Dunia

(Business Lounge – Do You Know) Siapa yang tidak senang dengan lingkungan yang bersih dan terawat? Hal ini tentu melibatkan banyak unsur di dalamnya. Mulai dari pemerintah pada lingkungan setempat, peraturan pada lingkungan setempat, serta penduduknya.

Bagaimana bila itu merupakan sebuah kota? Tentu saja akan melibatkan pemerintah kota yang akan membuat peraturan berkaitan dengan kebersihan yang akan mengatur seluruh penduduk kotanya. Terkadang kita akan merasa begitu kagum dengan sebuah kota yang begitu bersih serta bagaimana penduduknya yang memiliki kesadaran lingkungan yang tinggi untuk mengikuti peraturan yang ada untuk menjaga kebersihan kota.  Namun sudah dapat dipastikan bahwa kota tersebut juga memiliki pemimpin yang sadar lingkungan, perencanaan kota yang baik, atau hukum membuang sampah sembarangan yang ketat. Kebersihan telah menjadi bagian dari budaya setempat.

Berikut adalah beberapa kota yangterkenal kebersihannya.

1. Oslo

oslo_cleanest_cities

Trotoar di ibukota Norwegia ini dikenal karena cukup bersih padahal tidak terdapat tong sampah di sana. Tetapi hal ini tentu saja tidak mengherankan sebab banyak kawasan di Oslo yang terhubung dengan sistem pembuangan sampah otomatis kota, yang menggunakan pompa dan pipa untuk memindahkan sampah melewati bawah tanah ke pembakaran sampah tempat sampah tersebut dibakar dan digunakan untuk membuat energi dan panas untuk kota.

Menjaga kota mereka bersih merupakan bagian dari budaya lokal warga Oslo. Bahkan ada maskot kartun anti-sampah yang membuat penampilan acak di sekitar orang-orang mengingatkan warga kota untuk tidak membuang sampah sembarangan dan supaya setiap orang menjadi ujung tombak relawan kebersihan tahunan.

2. Singapura

singapore_cleanest_cities

Jalan-jalan di Singapura benar-benar bersih tanpa cela mencerminkan berlakunya undang-undang sampah yang demikian ketat dan pelayanan publik terbaik di dunia. Meskipun Singapura telah agak longgar dalam peraturannya pada beberapa tahun terakhir, namun berbagai bentuk pelanggaran kebersihan masih dikenakan denda. Diberlakukannya pajak tinggi untuk pemilik mobil dan sistem transportasi umum telah membantu menjaga udara cukup bersih di negara ini.

Mungkin seiring dengan reputasi kebersihannya, Singapura telah dikatakan sebagai tempat yang steril.

3. Calgary, Alberta, Kanada

calgary_cleanest_cities

Beberapa kota di Amerika Utara merupakan kawasan hijau seperti, Calgary yang bersih padahal kota ini dibangun di sekitar industri minyak. Namun, baik Forbes dan perusahaan konsultan Mercer telah mengakui upaya Calgary, sebagai salah satu kota terbersih di dunia berdasarkan kualitas udara, pembuangan sampah dan kebersihan air di antara faktor-faktor lainnya.

Upaya pendidikan berbasis utama untuk meningkatkan daur ulang dan pengomposan memimpin Calgary menuju pengurangan 80 persen dalam penggunaan TPA selama tujuh tahun ke depan. Kota ini juga memiliki denda yang cukup besar untuk mereka yang mengotori baik jalanan maupun trotoar. Membuang sampah di jalanan dapat memaksa Anda membayar $ 1.000. Ada juga program kota yang menawarkan penghapusan grafiti gratis untuk bangunan komersial dan perumahan.

4. Copenhagen

copenhagen_cleanest_citiesKota ini termasuk yang bersih sesuai dengan standar dunia, Copenhagen telah mengambil langkah-langkah untuk mengurangi sampah dengan skema sampah dan daur ulang baru yang membuatnya lebih mudah untuk menemukan tempat sampah umum dan kaleng daur ulang. Ibukota Denmark ini juga menonjol karena kualitas udara, berharap untuk menjadi karbon netral pada tahun 2025, dan sudah memiliki sejumlah program hijau nan mengesankan, termasuk rencana jangka panjang untuk membuat sendiri sebagian besar kota-ramah sepeda di dunia.

5. Adelaide

adelaide_australia_cleanest_cities

Adelaide, ibukota Australia Selatan, dinobatkan sebagai tempat terbaik untuk tinggal di benua Australia selama tiga tahun terakhir oleh Dewan Properti Australia, dan kota ini juga telah menerima persetujuan dari perusahaan konsultan Mercer dan majalah Economist untuk kebersihan dan kualitas hidup. Tata letak Adelaide termasuk sejumlah besar taman dan jalan lebar berjajar dengan tanaman hijau. Surveyor Inggris dan penjajah William Light merancang Adelaide pada tahun 1837 dengan tujuan untuk menciptakan sebuah kota yang ringkas dan user-friendly, tetapi juga memiliki ruang hijau yang berlimpah.

6. Wellington

wellington_cleanest_cities

Wellington, dengan jumlah penduduk kurang dari 200.000 (500.000 dan di daerah metro), tidak sama besar dengan kota-kota lain pada daftar ini. Namun, galeri seni, bar anggur, kehidupan malam yang besar dan kesibukan kosmopolitan membuat kota ini merasa jauh lebih besar dari itu, dan telah mendapat perbandingan ke tempat-tempat seperti Hong Kong dan San Francisco.

Populasi yang relatif kecil dan isolasi geografis menjadi modal bagi Selandia Baru untuk memiliki kesegaran, udara bersih, pusat kota yang ramah pejalan kaki. Ini seperti kota kecil yang memberikan apresiasi kepada alam, dan sangat mudah untuk memahami bagaimana menjaga jalan-jalan yang bersih dan telah menjadi bagian dari budaya lokal.

7. Santa Fe

santa_fe_cleanest_cities

Sebuah kota yang bersih merupakan bagian dari budaya di Santa Fe, NM, tempat beberapa festival seni menampilkan karya yang dibuat semata-mata dengan bahan daur ulang dan sampah. Kota ini juga memiliki relawan sampah setiap hari yang mengambil sampah di banyak bangunan dan di daerah utama wisata, termasuk yang terkenal Santa Fe Plaza, sebagai bagian dari upaya agresif pelestarian bersejarah yang telah membantu kota ini mempertahankan penampilan abadi.

Santa Fe juga diakui pada tahun 2012 oleh American Lung Association memiliki kualitas udara terbaik dari segi ozon dan polusi partikel. Hal ini berkat lokasi kota dan tata letaknya. Tidak ada zona manufaktur utama dalam 200 mil dari Santa Fe, New Mexico dan memiliki beberapa hukum emisi bangsa yang ketat.

8. Honolulu

honolulu_cleanest_cities

Pantai Waikiki yang terkenal dan pusat kota terdekat di ibukota Hawaii berhasil tampil mengesankan dengan kebersihannya meskipun lalu lintas yang berat. Sementara organisasi beberapa kota ‘mensponsori hari pembersihan tahunan, Improvement Association Waikiki memegang pembersihan triwulanan pantai yang terkenal. Pembersihan baru-baru ini telah dikoordinasikan dengan US Army Corps of Engineers.

Honolulu juga memanfaatkan lokasi yang ada dengan beberapa operasi manufaktur besar di pulau-pulau sehingga tidak ada polusi apapun bertiup ke Hawaii, sehingga udara menjadi cukup bersih. Berkat angin Pasifik, sejumlah kecil emisi dari lalu lintas dan curah hujan yang teratur juga membantu menjaga udara tetap bebas polusi.

uthe/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Source: mnn