Kritik? Tanggapi Saja Dengan Positif !

(Business Lounge – Empower People) – Terkadang, kita sangat sibuk memikirkan kritik yang ditujukan kepada kita. Ada kalanya kita jadi merasa pusing, bingung, atau bahkan parahnya bisa merasa sakit hati kepada orang yang melakukan kritik kepada kita di kantor. Belum lagi, apabila kritik yang ditujukan ke kita itu tidak benar. Bagaimana itu? Haruskah kita merasa stress? Atau haruskah kita membalas orang yang mengkritik kita dengan menggosipkan orang tersebut di belakangnya? Jawabannya tidak!

Lantas, apa yang harus kita lakukan menghadapi kritik yang diajukan kepada kita? Caranya sebenarnya tidak sulit, asalkan kita mau untuk melaksanakannya. Dengan melakukan semua ini, maka Anda pasti bisa menanggapi kritik dengan positif dan lebih baik. Nah, apa sajakah cara tersebut?

Persiapkan diri

Terkadang, di dalam suatu meeting, ada saja yang mungkin akan mengkritik keputusan Anda. Bahkan, kritikannya tidak tanggung-tanggung dan langsung mempertanyakan keputusan atau ide yang Anda sampaikan. Sebagai seorang yang dewasa, persiapkanlah diri sebelum bicara untuk menerima segala kemungkinan yang akan terjadi, dimana kritik merupakan salah satu didalamnya. Tetapi, biasakan juga untuk berterima kasih apabila keputusan atau ide Anda menerima pujian.

Perbanyak merespon dengan kalimat

Memang, Anda baru bisa dikatakan dewasa apabila bisa mengendalikan situasi yang ada, termasuk di dalamnya jika bisa menanggapi kritik dengan tidak langsung bereaksi. Kritik apapun yang dikatakan kepada Anda, baik positif maupun negatif, hadapi dengan merespon dengan kalimat yang dapat mengatasi lawan Anda dan membuat Anda terkesan dominan dalam pembicaraan. Jangan biasakan juga merespon kritikan dengan kata-kata kasar atau kotor, karena itu mencerminkan bahwa Anda adalah pribadi yang tidak dewasa dan egois.

Ulangi kembali apa yang sudah didengar

Dalam menanggapi kritik, Anda bisa mengulangi kembali pembicaraan yang sudah Anda dengar dari orang yang mengkritik Anda. Ulangi kalimat orang tersebut dengan bahasa Anda sendiri, dan barulah Anda masuk di dalam penjelasan dari sisi Anda. Contohnya, ketika orang mengkritik Anda seperti ini, ” Jangka waktu yang Anda tetapkan terlalu cepat”, tanggapi kritik orang tersebut dengan kalimat ” Anda berkata, jangka waktu yang saya tetapkan terlalu cepat, itu mungkin menurut Anda. Marilah kita melakukan simulasi proyek tersebut, jangka waktu yang saya tetapkan tidak terlalu cepat. Anda hanya belum melakukan simulasinya saja.” Dengan memberikan jawaban seperti itu, maka terlihat bahwa Anda sanggup untuk menanggapi kritik, dan bukan hanya itu saja, jawaban yang baik seperti itu akan membuat orang percaya bahwa Anda sanggup untuk melaksanakan apa yang Anda putuskan dan katakan saat itu.

Kendalikan diri Anda untuk tidak langsung membela diri

Jangan biasakan langsung bersikap defensif atau membela diri ketika dikritik orang lain. Pikirkan dahulu apa yang sudah dikatakan orang tersebut, lalu berikanlah jawaban yang baik dan cocok. Bukan berarti Anda tidak boleh membela hak Anda apabila kritikan yang ditujukan kelihatannya bertujuan menjatuhkan Anda, tetapi pembelaan harus dilakukan dengan cara yang intelek dan tentunya dengan tata bahasa yang santun namun terlihat bisa mengatasi lawan bicara Anda. Dalam hal ini, Anda bukan berarti tidak boleh tegas atau marah, tetapi ingat, ketegasan Anda juga harus mengandung wibawa.

Bernegosiasi dengan baik dan tetap mengungkapkan kebenaran yang ada

Salah satu cara menanggapi kritik dengan positif adalah dengan bernegosiasi yang baik. Orang yang memiliki keahlian bernegosiasi adalah seseorang yang dapat mengendalikan situasi dan juga pembicaraan, termasuk mengatasi dan menjawab semua kritik yang diajukan kepadanya. Di dalam bernegosiasi untuk menanggapi kritik yang ada, Anda juga tetap harus mengungkapkan kebenaran yang ada, namun dengan cara bicara yang santun namun tegas. Hal tersebut, menunjukkan bahwa Anda bisa menanggapi segala kritik dengan bijaksana. Dan percaya atau tidak, dari hal tersebut maka terlihat kedewasaan Anda di dalam menghadapi kritik yang ditujukan kepada Anda.

Zefanya  Zefanya Jodie/Head of Vibiz Learning Centre Vibiz Consulting/VMN/BL