ios-8

Adopsi iOS 8 Sentuh 75%

(Business Lounge – Tech & Gadget) Adopsi sistem operasi iOS 8 milik Apple terus meningkat dari bulan ke bulan meski sedikit lambat pertumbuhannya. Jika bulan lalu tingkat adopsi mencapai 72 persen, maka pada bulan Maret 2015 iOS 8 sudah diunduh sebanyak 75 persen, tumbuh 3 persen dari bulan lalu.

Tampaknya masih banyak pengguna yang masih bertahan dengan sistem operasi yang lebih lama seperti iOS  dengan jumlah pengguna sebesar 22 persen, tentunya angka ini akan terus menuru dengan semakin bertambahnya dominasi iOS 8.

Jika dibandingkan dengan iOS 7 maka bisa dikatakan adopsi iOS 8 jauh lebih lambat. Hal ini sepertinya karena berbagai masalah yang mengganggu update pada waktu sistem operasi dirilis. Namun, dengan kehadiran pembaharuan aplikasi ApplePay, maka bisa membuat pengguna mulai mengadopsi iOS 8.

Sebagian besar pengguna yang masih betah menggunakan iOS 7 dan belum mau melakukan pembaharuan karena pengguna takut kehilangan status jailbreak. Dengan demikian tingkat adopsi iOS 8 sedikit melambat.

Tahun ini Apple sepertinya akan merilis kembali versi iOS berikutnya yang kemungkinan adalah iOS 9, dengan waktu peluncuran yang  sudah mendekat, tampaknya tingkat adposi iOS 8 hingga mencapai 90 persen diragukan.

Yusnia/VMN/BL/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Evi Fog