Apple Menunda Produksi iPad Layar Besarnya

(Business Lounge – Tech & Gadget) Apple yang sedang stuck didalam penjualannya memutuskan akan menunda dimulainya produksi iPad dengan layar yang lebih besar, yaitu dengan ukuran 12.9-inch sampai sekitar bulan September. Penundaan ini dilakukan disebabkan adanya keterlambatan pasokan panel display, demikian menurut dua laporan media seperti dilansir oleh Reuters.

Produksi tablet yang lebih besar telah dijadwalkan untuk dimulai pada kuartal ini. Pemasok apple telah diberitahu untuk memulai produksi iPad dengan layar yang lebih besar pada semester kedua tahun ini sebagai perusahaan mengeksplorasi desain dan fitur yang baru pasar enterprise, demikian dilaporkan Wall Street Journal.

Sebuah tablet layar besar merupakan bagian dari upaya Chief Executive Officer Tim Cook untuk menghidupkan kembali lini produk iPad, yang penjualannya telah menurun selama empat kuartal berturut-turut. IPads juga menghadapi persaingan dari iPhone yang lebih besar, yang diperkenalkan pada bulan September dan membantu Apple memberikan rekor laba pada kuartal terakhir. Apple yang berbasis di Cupertino, California, saat ini menjual iPad dengan layar 9,7 inci dan mini iPad, yang memiliki layar 7,9 inci.

Sebuah iPad yang lebih besar diharapkan juga bisa meningkatkan produk Apple lebih menarik bagi pengguna bisnis. Tahun lalu, Apple mengumumkan kemitraan dengan International Business Machines Corp untuk membuat perangkat lunak mobile untuk bisnis dan untuk IBM dapat membantupenjualan iPads secara korporat. Bahkan sebagai konsumen beralih dari tablet yang mendukung smartphone lebih besar, bisnis tetap menjadi peluang pertumbuhan untuk iPads karena perangkat dapat digunakan untuk pekerjaan lapangan dan sebagai pengganti laptop. Secara total, penjualan global tablet untuk bisnis, lembaga dan pemerintah diproyeksikan untuk melompat ke 101 juta unit pada 2018 dari 19 juta pada tahun 2013, menurut IHS Teknologi. Miliarder aktivis investor Carl Icahn dikutip mengambil kesempatan untuk meningkatkan penjualan iPad sebagai salah satu alasan utama mengapa ia berpikir saham Apple undervalued. Perbaikan pada kemitraan IBM iPad dan harus membantu meningkatkan pendapatan dari perangkat dengan 13 persen di masing-masing tiga tahun fiskal berikutnya, Icahn menulis dalam sebuah surat terbuka untuk Masak tahun lalu.

Apple kini mempertimbangkan untuk menambahkan port USB dan mengadopsi teknologi yang lebih cepat yang menjanjikan untuk mentransfer data hingga 10 kali lebih cepat dari port USB saat ini, Journal mengatakan, mengutip orang-orang yang akrab dengan masalah.

Perusahaan juga telah mempertimbangkan untuk menambah port untuk tersambung ke keyboard dan mouse, kata laporan Journal.

Sementara pemasok bersiap-siap untuk mengirimkan MacBook Air yang baru dengan layar 12-inch dalam jumlah besar pada kuartal kedua. Jadwal peluncuran Apple memang masih belum jelas.

uthe/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana