Tirolesia

IMG_9274

(Business Lounge – Art) Sebuah pameran foto yang berkolaborasi dengan seni grafis, film, dan teknik stensil digelar di Galeri Foto Jurnalistik Antara. Bertajuk Tirolesia, pameran ini dibuka oleh Dubes Austria untuk Indonesia Andreas Karabaczek pada Jumat (27/2).  Pameran ini merupakan tanda persahabatan Indonesia dan Austria dengan menyajikan informasi mengenai Indonesia kepada publik Austria dan kemudian berupaya menangkap response publik Austria atas Informasi tersebut. Setelah itu kembali menyampaikan informasi tersebut kepada publik Indonesia.

IMG_9275

Tirolesia memang merupakan sebuah proyek seni transmedial yang memiliki pendekatan partisipatif proyek terhadap media visual seperti film dan fotografi telah mendorong pertukaran mendalam antara orang-orang dari dua wilayah yang tampaknya terpisah secara geografis dan budaya. Dengan berfokus pada perspektif dan narasi masyarakat maka nampak terlihat bagaimana mereka menemukan, merasakan, membuat, menandai, dan menyajikan lingkungan mereka. Dalam proses saling bercerita berdasarkan foto-foto serta penerimaan atas cerita yang “lain” maka terciptalah sebuah peluang untuk mempertanyakan stereotip, klise, dan asumsi mengenai kenyataan yang tidak diketahui dan berada di tempat terpencil. Presentasi interaktif di pameran dan ruang virtual memungkinkan masyarakat untuk menjadi bagian dari dialog yang berkelanjutan.

IMG_9276

IMG_9277

IMG_9278

IMG_9279

IMG_9280

IMG_9281

IMG_9282

IMG_9283

Bagian pertama dari proyek tersebut telah berhasil diterapkan pada Juli 2013 di Indonesia. Sepanjang periode tiga minggu, Helena Manhartsberger berkeliling dari Yogyakarta, Bali menuju Lombok) dan bertemu dengan orang-orang setempat. Helena kemudian mengundang mereka untuk memilih foto yang paling kuat membangkitkan kenangan pengalaman pribadi mereka dan menceritakan tentang mereka, tidak hanya foto tetapi juga rekaman wawancara di video. Setelah itu, Helena mengambil potret fotografi mitra wawancara dan meminta mereka untuk bergabung dengan informasi yang tampaknya relevan dengan mereka (dalam menulis atau menggambar), sehingga menunjukkan kepada mereka bahwa ini akan menjadi bagian dari informasi, pesan tentang diri mereka sendiri yang akan disajikan kepada para pengunjung pameran dari Austria nantinya.

IMG_9284

IMG_9285

IMG_9286

IMG_9287

IMG_9288

IMG_9289

IMG_9290

Pameran yang berlangsung sebagai bagian dari Tiroler Kulturtage 2013 “urban spricht kunst” di Innsbruck (September-Oktober) dan disajikan pada publik Austria mengenai Indonesia. Proyek ini didasari adanya perubahan perspektif pada kedua negara. Inilah sebabnya mengapa bagian kedua dari proyek ini adalah konsekuensi logis dari bagian pertama. Dengan menyajikan kepada Austria foto-foto Indonesia dan selanjutnya menyampaikan perspektif yang dihasilkan kepada masyarakat Indonesia sehingga terbentuk proses pertukaran informasi. saling dan perubahan mantan dan refleksi merupakan established. Bagian kedua dari proyek ini sedang dipamerkan di Jakarta setelah sebelumnya di pamerkan di Yogyakarta pada bulan lalu.

IMG_9291

IMG_9292

IMG_9293

IMG_9295

Sementara itu, kedua bagian proyek rencananya akan disatukan dalam pameran di Austria. Presentasi berbasis web akan melanjutkan proses dialog di luar durasi proyek. Mengingat 60 tahun persahabatan Indonesia-Austria pada tahun 2014, proyek ini memberikan kontribusi untuk menumbuhkan dan pemahaman antar budaya.

uthe/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Image: Sonang Elyas

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.