(Business Lounge – Tech & Gadget) Bersamaan dengan pembukaan acara Game Developer Conference 2015 (2/3), Google meluncurkan update untuk pengembang pada platform Google Play Games dengan fokus lebih terhadap audiens yang ditargetkan.
Hadir di Google Play Developer Console dalam beberapa minggu, tools baru Player Analytics ini di desain untuk memberikan kepada developer laporan sesi, pola pengeluaran rata-rata dan bagaimana pemain melalui permainan setiap permainannya. Developers juga dapat menetapkan tujuan pendapatan harian dan menggunakan report ini untuk membantu meningkatkan pembelian dalam aplikasi atau menambahkan fitur yang diperlukan.
Greg Hartrell, Senior Product Manager di Google Play Games mengatakan bahwa tools ini akan membantu developer menciptakan tolak ukur yang lebih realistis.
Tools kedua adalah update platform Google AdMob yang dibuat untuk memberikan developer pilihan yang lebih asli dan lebih baik. Saat menggelar di beta terbatas, tools ini akan memungkinkan developer untuk menyesuaikan iklan Google yang muncul dalam aplikasi untuk memastikan visual mereka lebih cocok dengan bentuk dan fungsi dari permainan.
AdMob juga akan menganalisa pemain untuk memprediksi mana yang lebih cenderung untuk menghabiskan uang pada pembelian aplikasi, dan memungkinkan developer untuk menciptakan iklan custom untuk mentargetkan para pemain. Fitur ini akan tersedia secara gratis untuk pengguna AdMob dalam beberapa minggu ke depan.
Terakhir, AdMob akan menambah tools Audience Builder untuk membiarkan para developer menciptakan daftar pemain serta mentargetkan fitur berdasarkan bagaimana mereka berinteraksi dengan permainan.
W.Lubis/VMN/BL/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Lidia Wulan