(Business Lounge – Manage Your Finances) Anda tentu selalu berharap untuk memperoleh keuntungan dari bisnis Anda atau bonus dari kinerja yang telah Anda perjuangkan mati-matian. Ya, tentu saja berharap bahkan menunggu, sebab segudang rencana telah ada di benak Anda yang akan segera Anda realisasikan setelah ada cash di tangan Anda. Tetapi sangat penting untuk Anda berhitung dengan bijak saat hendak mempergunakan bonus atau keuntungan yang akan segera Anda terima. Sebab jika tidak bijak maka dalam sekejap cash di tangan akan menguap dan tinggal kenangan. Sedangkan ada banyak hal yang tentu saja sebenarnya dapat Anda kerjakan dengan cash di tangan.

Ada beberapa hal yang perlu Anda sadari untuk tidak Anda lakukan ketika Anda mendapatkan bonus atau keuntungan.

1. Jangan gegabah dan buatlah perhitungan.
Mendapat bonus, mendapat keuntungan, jangan panik! Bersikaplah biasa saja jangan seperti orang kaya mendadak. Justru saat seperti ini Anda perlu meningkatkan perhitungan Anda dua kali lipat sebab mereka yang memiliki cash di tangan cenderung bersikap lebih boros dengan komentar, “Mumpung ada uang.” Ini berbahaya.

2. Jangan konsumtif
Musuhilah sikap konsumtif. Kalau selama ini Anda memang tidak bergaya hidup mewah, maka jangan ubah gaya hidup Anda dengan langsung membeli barang-barang bermerek, menginap di hotel mewah, makan di tempat-tempat yang mahal, naik taxi setiap hari, dan sebagainya. Atau mengganti barang-barang Anda yang sebenarnya belum dibutuhkan, seperti mengganti mobil, mengganti laptop, mengganti gadget yang sebenarnya benda-benda tersebut pun masih seumur jagung. Bukan berarti Anda tidak bisa menikmati cash yang saat ini Anda miliki, tetapi bersikaplah bijaksana. Anda bisa pergi berlibur jika memang itu telah Anda perhitungkan, Anda bisa membeli apa yang Anda butuhkan juga jika memang itu telah Anda perhitungkan.

3. Jangan membayar cicilan hutang hanya sebesar pembayaran minimum.
Jika Anda hanya membayar cicilan kartu kredit pada jumlah minimum, maka hanya akan berdampak pada penumpukan hutang belaka. Jika Anda hanya membayar cicilan KPR sesuai pembayaran minimum, maka Anda tidak mempercepat masa Anda terlepas dari hutang. Berhitunglah dan sisihkanlah cash Anda untuk membayar hutang Anda dengan jumlah maksimum yang dapat Anda bayarkan. Bahkan jika memungkinkan lunasilah hutang Anda sebab hutanglah yang selalu akan mengganggu cash flow Anda.

4. Jangan gabungkan dengan dana operasional
Jangan gabungkan bonus atau keuntungan yang Anda terima dengan biaya operasional Anda. Itu hanya akan membuat Anda kebobolan. Segera pisahkan berapa dana operasional sehingga Anda tahu dengan persis berapa sisa cash yang Anda miliki.

5. Jangan terburu-buru berinvestasi
Berinvestasi memang baik untuk dilakukan, tetapi jangan terburu-buru. Apa lagi bila jenis investasi yang tidak bisa ditarik kembali, seperti membeli investasi yang tidak bisa segera dijual, memberikan donasi, atau membeli berbagai macam reksadana. Cobalah untuk berkonsultasi dengan pihak-pihak yang dapat dipercaya baru putuskanlah jenis investasi yang akan Anda lakukan. Tidak ada salahnya untuk menyebar uang Anda di beberapa tempat investasi. Jika Anda bermaksud untuk membuka usaha dengan cash tersebut, buatlah perhitungan yang matang sehingga dana Anda tidak terbuang dengan percuma.

Jangan lupa untuk tetap menyisihkan paling tidak 10% sebagai dana cadangan dan tabungan Anda.

Jadilah bijaksana dalam mengatur keuangan Anda!

ruth_revisiRuth Berliana/VMN/BL/Managing Partner Human Capital Development

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.