Jangan Takut Mencoba – Budiarto Halim, Direktur Utama PT.Erajaya Swasembada Tbk

(Business Lounge – Wise Man Says)

Budiarto Halim, Direktur Utama PT.Erajaya Swasembada Tbk.

Memulai bisnisnya dari sebuah retail shop yang kemudian terus berkembang menjadi PT Erajaya Swasembada Tbk. Dalam perkembangannya, PT Erajaya Swasembada Tbk selalu berkompetisi dengan sehat.

“Pengalaman yang paling berkesan saya dapatkan pada industri ini karena sangat dinamis. Setiap hari ada perubahan. Kami dengan semua kompetitor itu semuanya teman baik, tetapi semua berkompetisi secara sehat.

Dalam menjalankan bisnisnya, Budiarto pernah mengalami saat mengambil keputusan yang kurang tepat.

“Sebelum tahun 2010 kami melakukan exclusivitas terhadap satu merek, namun saat pangsa pasarnya turun terus, sales kami terganggu. Tahun 2011 kami putuskan untuk IPO untuk membesarkan Erajaya dengan mengakuisisi TAM yang juga multibrand th 2011 dan kami memutuskan untuk diversifikasi portofolio kami menjadi multibrand dan ternyata itu keputusan yang sangat tepat dan meningkatkan penjualan.”

Mendulang kesuksesan, Budiarto memiliki kuncinya.

“Jangan pernah takut untuk mencoba. Namun memang perlu untuk pemikiran yang matang sebelum eksekusi. Buatlah suatu trial proyek. Jangan langsung dalam skala besar, mulai dari yang kecil dan segala sesuatu yang dimulai dengan fokus akan grow. Ketahui kelemahan kita, tidak malu mengakui kelemahan sendiri. Cari orang yang berkopetensi di bidangnya dan beranilah untuk melakukan delegasi keputusan dan tidak membuat keputusan sendiri.”

uthe/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana