(Business Lounge – Art) Street Art menjadi sebuah topik yang menarik untuk mengisi sebuah pameran seni. Dilakoni oleh tujuh street artist: Bujangan Urban, Darbotz, MG Pringgotono, Shake, Stereoflow, The Popo, dan Tuts yang menampilkan karya mereka dalam pameran bertajuk SHIFTING SPACES di RURU Gallery.

Pameran ini dikuratori oleh Riksa Afiaty, dan berupaya untuk membaca kembali praktek-praktek kreatif yang dilakukan oleh street artist baik secara individu maupun berkelompok. Berbagai elemen dasar dalam konteks kerja street art baik ruang, waktu, dan privasi masih menjadi hal-hal pokok yang dibicarakan. Riksa, mengajak seniman-seniman tersebut berdiskusi, bertukar gagasan mengenai apa yang mungkin akan dikerjakan oleh street artist di masa kini.

IMG_9106

IMG_9107

IMG_9108

IMG_9109

IMG_9110Pada dasarnya, pameran ini berupaya untuk mempresentasikan siasat, gagasan, serta negosiasi yang dilakukan oleh ketujuh street artist dalam ruang-ruang tersebut. Sebelumnya digelarlah sebuah diskusi panel untuk menajamkan berbagai gagasan yang akan dituangkan dan nantinya akan ditampilkan sebagai bagian pameran. Proyek pameran ini merupakan salah satu hasil dari program Curators Workshop in South East Asia yang diselenggarakan dan didukung oleh The Japan Foundation Jakarta.

IMG_9112

IMG_9114

IMG_9116

IMG_9117

IMG_9118

IMG_9119

 

Sonang Elyas/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Image: Sonang Elyas

Related Posts

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published.