7 Tempat Terdingin di Dunia untuk Ditinggali

(Business Lounge – Do You Know?) Tidak mudah untuk dapat tinggal di daerah yang bersuhu dingin yang sangat menusuk tulang. Tetapi pada kenyataannya, tetap ada yang dapat bertahan untuk hidup di tempat-tempat dengan suhu yang berada di bawah titik nol. Warga tempat-tempat seperti Verkhoyansk dan Yakutsk (keduanya di Rusia) memiliki perbedaan yang sangat mencolok dengan kita yang ada di iklim tropis ini. Para pengemudi mobil di kota-kota sering kali meninggalkan mobil mereka di tempat parkir selama berjam-jam sementara mereka berbelanja dan menjalankan tugas sambil ada pada ruangan dengan pemanas ruangan.

Suhu terdingin yang pernah tercatat – 128,6  °F (-89 °C) di stasiun penelitian Rusia di Vostok, Antartika, pada 21 Juli, 1983. Meski belum pernah lagi terjadi suhu sedingin itu, berikut tujuh tempat terdingin di dunia untuk tinggal. 

Verkhoyansk, Rusia

verkhoyansk_rawMenurut sensus 2002, Verkhoyansk di Rusia memiliki 1.434 penduduk tangguh yang mengukir hidup di padang belantara Siberia. Dimulai sejak tahun 1638 dan berfungsi sebagai pusat regional di peternakan dan timah dan emas. Terletak 404 km dari Yakutsk, dan dan 1.500 km sebelah selatan dari Kutub Utara, Verkhoyansk digunakan untuk rumah pengasingan politik antara tahun 1860-an dan awal abad ke-20.

Itu tidak heran mereka memilih untuk mengirim orang-orang buangan ke Verkhoyansk: Pada bulan Januari suhu rata-rata – 50,4 °F (sekitar 45 °C) dan berarti suhu bulanan tetap di bawah titik beku dari Oktober hingga April. Pada tahun 1892, warga mencatat suhu udara rata-rata – 90 °F. Penduduk modern setiap harinya mengenakan topi bulu besar dan mantel serta cenderung untuk beraktivitas di dalam rumah.

Oymyakon, Rusia

oymyakonOrang-orang di Oymyakon juga menganggap bahwa tempat mereka adalah yang paling dingin. Mereka menunjukkan bahwa mereka mencatat suhu terendah – 90 °F (sekitar – 67 °C) pada 6 Februari 1933. Uniknya, sekolah tetap aktif walaupun suhu mencapai – 52 °F.

Desa ini dinamai setelah adanya sumber air panas lokal, yang ditemukan beberapa penduduk selama musim dingin dengan menerobos kerak tebal es. Dewan Pariwisata Oymyakon telah mempromosikan kota ini sebagai tujuan yang sempurna bagi wisatawan yang ini berpetualang dan ingin merasakan ehal-hal yang kstrim.

International Falls, Minnesota.

internationalfallsMungkin International Falls, Minnesota, tidak setengah dari dinginnya Oymyakon atau Verkhoyansk, tetapi tempat ini termasuk yang terdingin di Amerika Serikat. Terhitung 6.703 orang tinggal di International Falls (menurut sensus 2000), mereka berada di perbatasan antara Amerika Serikat dan Kanada.

Musim dingin di International Falls yang panjang dan dingin dengan suhu rata-rata pada bulan Januari berada sekitar 2,7 °F (sekitar – 16 °C) sehingga merkuri mencapai angka nol pada lebih dari 60 malam setahun, dan daerah mendapat banyak salju (65,5 inci salju tahunan). International Falls pun mendapatkan trademark sebagai “Icebox of the Nation.”

Fraser, Colo.

fraserFraser, Colorado., terletak di ketinggian 8.574 kaki di Colorado Rocky Mountains dan merupakan rumah bagi 910 warga (menurut sensus 2000). Terletak di dekat daerah ski yang popular Winter Park, Fraser menikmati salah satu musim paling dingin di Amerika Serikat. Suhu rata-rata tahunan untuk tahun ini hanya 32,5 °F (sekitar 0 °C), dan di musim panas rata-rata lebih rendah dari 29 °F  (sekitar – 1.5 °C) yaitu pada bulan Juni.

Fraser dan International Falls telah terlibat dalam sengketa merek dagang judul “Icebox of the Nation.” Sementara International Falls memiliki musim dingin yang lebih dingin, rata-rata sepanjang tahun di Fraser lebih rendah. Kedua kota memiliki kesepakatan pada tahun 1986, ketika International Falls dibayar Fraser $ 2.000 untuk melepaskan klaim resmi. Tapi 10 tahun kemudian, International Falls gagal memperbaharui merek dagang federal tesebut. Dimulailah proses hukum yang berakhir dengan putusan oleh US Patent dan Trademark Office mendukung International Falls.

Yakutsk, Rusia

yakutuskYakutsk terkenal bagi penggemar board game nan beresiko sebagai negara yang lucu antara Siberia dan Kamchatka. Ini juga dikenal sebagai kota terdingin di dunia. Suhu luar terdingin di dunia Antartika tercatat tidak jauh dari Yakutsk di lembah Sungai Yana. Selama musim dingin, udara terendah rata-rata di bawah titik beku pada bulan September dan tidak naik kembali sampai Mei. Pada bulan Januari tinggi rata-rata minus – 34 °F (sekitar – 36 °C); rekor terendah adalah dikurangi 81,4 °F.

Lebih dari 200.000 penduduk yang mencari nafkah di industri pertambangan di wilayah ini, dan kota adalah rumah bagi banyak teater, museum dan bahkan kebun binatang. Pada tahun 2008, daerah ini memberikan berita mengejutkan ketika serangkaian pipa meledak di dua desa di dekatnya, memaksa warga untuk berkumpul bersama untuk menikmati kehangatan di sekitar kompor kayu seadanya. Ketika pengemudi truk di wilayah ini datang untuk memasok ke desa-desa di dekatnya, mereka tidak mematikan mesin mereka selama dua minggu perjalanan.

Hell, Norwegia

hell_norwayIstilah “Neraka membeku” ini menjadi lelucon di tempat ini. Neraka, Norwegia, telah memperoleh ketenaran untuk kombinasi nama dan suhu sub-Arktik. Suhu rata-rata pada bulan Februari 2010 yang dinilai cukup nyaman adalah 20 °F (sekitar -6,5 °C). Wisatawan yang berjalan kaki ke Hell dalam beberapa tahun terakhir, banyak untuk memotret diri di depan salah satu dari tanda-tanda stasiun kereta api kota.

Neraka membeku, berlangsung pada sepertiga tahun ini, mulai Desember hingga Maret.

 

barrow_0

Barrow, Alaska

Barrow adalah kota paling utara di Amerika Serikat dan hanya 1.300 km sebelah selatan dari Kutub Utara dan 320 km sebelah utara Lingkaran Arktik. Kota kecil dari 4581 orang dan dibangun di atas lapisan es yang hingga 1.300 meter di tempat-tempat dan udara yang super dingin dan musim dingin berangin. Matahari terbenam pada akhir November dan tidak muncul sampai akhir Januari. Bahkan selama musim panas di sini tetap dingin. Suhu rata-rata tidak keluar dari pembekuan sampai Juni dan itu pun hanya nyaris tidak minus yang berarti rata-rata untuk bulan Juli hanya 40,4 °F.

Barrow adalah pusat ekonomi North Slope dan banyak penduduknya bekerja di industri energi. Kota ini hanya bisa dijangkau dengan pesawat atau laut.

uthe/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Source: mnn