Starbucks – One Person, One Cup and One Neighborhood at a Time

SpecialReportBL-Starbuck

To inspire and nurture the human spirit – one person, one cup and one neighborhood at a time.

Saat ini menyeruput secangkir kopi sudah merupakan hal rutinitas, bahkan jadi life style bagi para pencinta kopi, terutama di kalangan anak muda dan para eksekutif muda. Salah satu kedai kopi yang terkenal dan popular saat ini adalah Starbuck Coffe. Siapa yang tidak kenal dengan rasa kopi Starbucks yang kuat dan kualitasnya juga tak perlu diragukan lagi.  Fasilitas dan tempat yang disediakan sangat nyaman untuk minum kopi dan ngobrol.

Starbucks 2

Berdirinya Starbucks

Saat ini Starbucks dapat dikatakan sebagai perusahaan kedai kopi terbesar di dunia. Berdiri pada tanggal 30 Maret 1971 di Seattle, Washington, A.S atas prakarsa 3 orang akademisi, yaitu seorang guru bahasa Inggris Jerry Baldwin, penulis Gordon Bowker, dan guru sejarah Zev Siegl. Sangat unik.

Hingga saat ini jumlah kedainya yang telah berada di 61 negara dengan total 20.336 kedai, termasuk 13.123 di Amerika Serikat, 1.299 di Kanada, 977 di Jepang, 793 di Britania Raya, 732 di Cina, 473 di Korea Selatan, 363 di Meksiko, 282 di Taiwan, 204 di Filipina, dan 164 di Thailand. Pada mulanya, perusahaan ini hendak diberi nama Pequod yang diambil dari nama kapal pemburu Moby-Dick, tetapi nama ini ditolak oleh sejumlah orang di sekitar para pendiri. Perusahaan ini pun akhirnya diberi nama sesuai nama propagator kapal Pequod, Starbuck.

Starbucks 3

Inovasi Produk

Starbucks terutama menjual kopi dan minuman panas berbasis espresso. Agar dapat menarik perhatian konsumen lebih banyak lagi maka Starbucks memperluas produknya dengan menjual minuman panas dan dingin, biji kopi, salad, sandwich panas dan dingin, kue kering manis, camilan, dan barang-barang seperti gelas dan tumbler. Selain itu perusahaan ini juga memasarkan buku, musik, dan film melalui divisi Starbucks Entertainment dan merek Hear Music.

Starbucks 4

Promosi

Untuk memperkuat citra perusahaan yang di bangun, maka Starbucks menggunakan produk promosi. Promosi dilakukan dengan membuat situs web komunitas (My Starbucks Idea) untuk mengumpulkan saran dan umpan balik dari pelanggan, kampanye ramah lingkungan  “Grounds for your Garden” (berupa sumbangan sisa kopi giling ke semua orang yang memintanya untuk dijadikan pupuk kompos), media Televisi dan internet.

Starbucks 5

Kerjasama

  • Pada bulan Oktober 2006, Apple menambahkan fitur Starbucks Entertainment ke iTunes Store, menjual musik yang diputar di kedai-kedai Starbucks.
  • Mulai 1 Juni 2009, program berita pagi MSNBC Morning Joe dipersembahkan oleh Starbucks dan logo acaranya berdampingan dengan logo perusahaan.

Starbucks 6

Fasilitas bagi konsumen

Untuk memanjakan konsumen dan menciptakan loyalitas, maka Starbucks memberikan fasilitas :

  • Starbuck drive thru yang memudahkan para konsumen mendapatkan secangkir kopi tanpa harus turun dari kendaraannya,
  • Membuka gerai hingga 24 jam nonstop
  • Diluncurkan program kesetiaan bagi anggota Starbucks Card (sebelumnya hanya kartu hadiah) dengan menawarkan berbagai macam keuntungan seperti akses Internet Wi-Fi, bebas biaya untuk susu kedelai & sirup berperisa, dan isi ulang gratis untuk kopi seduh.
  • Mulai Juli 2010, Starbucks menawarkan Wi-Fi Apple dan mengumumkan bahwa para pelanggan bisa menelusuri iTunes Store di Starbucks menggunakan Wi-Fi di Amerika Serikat (tanpa perlu masuk log ke jaringan Wi-Fi)
  • Starbucks juga memberikan kartu “Pick of the Week” untuk mengunduh aplikasi dari App Store. Aplikasi Starbucks tersedia di iPhone App Store..
  • Starbucks memberi konsumennya diskon 10 sen jika membawa cangkir sendiri. Starbucks saat ini memakai pegangan cangkir kardus yang terbuat dari 85% serat daur ulang yang bebas kertas 34% dibandingkan sebelumnya.

Starbucks 7

Logo Starbucks Coffee

Logo pada Starbucks adalah gambar Sirene atau “putri duyung berekor ganda. Sirene adalah mitologi dari Yunani yang merupakan sosok perempuan menarik dan tak tertahankan. Keseluruhan gambar dirancang dengan menyerupai label cerutu pita. Simbolisme sirene ini untuk mewakili kualitas menarik dan menggoda dari kopi itu sendiri. Selama tiga puluh lima tahun terakhir logo Starbucks telah mengalami 3 kali perubahan yang signifikan, namun tetap mengikuti tema yang asli,  yang pertama berwana coklat dan yang kedua dan ketiga berwarna hijau.

Starbucks Logo

Starbucks 8

Starbucks Values

Starbucks bersama dengan para partners, kopi, dan pelanggan sebagai intinya mengidupi nilai-nilai berikut:

  • Menciptakan budaya kehangatan dan rasa, yang disambut oleh semua orang.
  • Bertindak dengan keberanian, menantang status quo dan menemukan cara baru untuk mengembangkan perusahaan.
  • Hadir, menghubungkan dengan transparansi, martabat dan rasa hormat.
  • Memberikan yang terbaik dalam semua yang dilakukan, memegang sendiri bertanggung jawab atas hasil.

Kinerja yang didorong, melalui lensa kemanusiaan.   Syanti/Contributor/VMN/BL Editor: Ruth Berliana