Xi Jinping Kirimkan Harapan Tahun Barunya

(Business Lounge – News & Insight) Presiden Tiongkok Xi Jinping telah menyampaikan salam tahun barunya dengan pemotongan kertas berbentuk “Tiga Domba Membawa Keberuntungan” selama perjalanan ke Xi’an demikian dilansir oleh CCTV.

Xi sedang ada dalam perjalanan empat hari ke provinsi barat laut tempat ia pernah tinggal dan bekerja selama tujuh tahun sejak tahun 1969 hingga 1975.

Dalam sebuah pusat komunitas di Kota Xi’an, Xi berbicara dengan warga dan bertanya tentang rencana Tahun Baru mereka.

Dia juga memuji pemotongan kertas, kaligrafi dan lukisan yang dibuat oleh penduduk setempat dan mengirimkan salam Tahun Baru kepada semua orang Tiongkok sambil memegang potongan kertas.

Memotong dan menggantung potongan kertas berwarna cerah yang dipotong menjadi desain yang rumit merupakan salah satu dari banyak tradisi selama tahun baru Tiongkok.

Xi Jinping 2

Secara harfiah disebut “Jianzhi” atau “potongan kertas”, seni yang dikembangkan di sekitar abad kelima Masehi setelah Tiongkok menemukan kertas yaitu di antara 140 SM dan 105 M.

Salah satu dari lima guntingan kertas tertua ditemukan di sebuah situs arkeologi Xinjiang pada Dinasti Selatan dan Utara (486-581 M).

Pada kenyataannya pemotongan kertas Tiongkok yang istimewa pada tahun 2009, menjadi satu-satunya seni kerajinan kertas dunia yang terdaftar di Intangible Cultural Heritage of Humanity milik UNESCO.

uthe/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Image: CCTV