Angka Pariwisata Jepang Melonjak

(Business Lounge – News & Insight) Jepang telah menarik banyak wisatawan pada 2014 dengan memecahkan rekor 13 juta pengunjung, meningkat 30 persen dari tahun sebelumnya. Angka terbaru dari Organisasi Pariwisata Nasional Jepang juga menunjukkan bahwa tercatat 1,22 juta pengunjung datang ke negaratersebut pada bulan Januari, sebuah peningkatan sebesar 29 persen dibandingkan bulan yang sama pada tahun yang lalu.

Berkurangnya persyaratan visa bagi wisatawan yang hendak ke Jepang telah membuat lebih mudah bagi orang-orang dari seluruh Asia untuk memasuki negara matahari terbit tersebut.

Angka kedatangan tertinggi berasal dari Taiwan dan Korea Selatan, sementara peningkatan terbesar dalam jumlah tahun lalu adalah dari Tiongkok, melompat 83 persen pengunjung dibandingkan dengan tahun 2013.

Salah satu strategi utama Jepang untuk meningkatkan kedatangan pengunjung dengan mempromosikan budaya pop, sementara makanan lokal telah menarik sebagian besar orang yang telah menyukai hidangan seperti sushi dan ramen di negara mereka sendiri.

Namun para ahli mempertanyakan apakah target Jepang untuk meraih 20 juta kedatangan turis asing pada tahun 2020 sehubungan dengan olimpiade Tokyo akan tercapai, mengingat inefisiensi dirasakan pada sektor pariwisata.

“Kurangnya hotel di Tokyo, Kyoto, dan di kota-kota besar lainnya merupakan apa yang dirasakan penting untuk ditangani saat ini,” demikian dikatakan Tomoe Suzuki, Sales Manager di JTB Pemasaran Global & Travel seperti dilansir oleh Channel News Asia.

Beberapa hal yang penting untuk dipersiapkan adalah pertama-tama diperlukannya penerbangan lebih. Apakah ada cukup kursi? Apakah ada ruang di bandara untuk lebih banyak keberangkatan dan kedatangan? Diperlukan layanan Wi-Fi gratis. Diperlukan papan petunjuk dalam multibahasa yaitu dalam bahasa Inggris, Tiongkok, dan Korea. Apakah kita memiliki makanan yang dapat disajikan kepada mereka yang memiliki kepercayaan yang lain? Bagaimana ruang untuk beribadah?” demikian dikatakan Tetsuya Mori, Wakil Direktur Pariwisata Strategi untuk Dinas Pariwisata Jepang.

Namun angka wisatawan Jepang masih jauh di belakang Perancis yang menduduki peringkat pertama negara dengan wisatawan terbanyak. Prancis memiliki angka pengunjung tahunan mencapai lebih dari 83 juta.

uthe/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana