Ini Cara Yang Benar Memperlakukan Pengunjung Pusat Perbelanjaan

(Business Lounge – Present Your Service) Suatu saat, saya pergi ke suatu pusat perbelanjaan dan mengantri di bagian Customer Service untuk menanyakan sebuah event disana. Herannya, mereka tidak tahu menahu, bahkan saya malah dioper kesana-kemari, padahal itu kan event di pusat perbelanjaan tersebut. Parahnya lagi, mereka kadang malah bicara satu sama lainnya dan bilang “kok kita tidak diberi tahu ya ada event ini?”. Well, mereka bicara di depan saya, lho. Kira-kira sopankah yang seperti itu?

Belum selesai kekecewaan saya, meskipun mereka akhirnya menawarkan akan memberi bantuan dengan meminta nomor telepon dan akan menghubungi besok. Kenyataannya? Tidak dihubungi juga. Kesimpulannya, sebagai pengunjung pusat perbelanjaan saya kecewa berat.

Belajar dari kasus di pusat perbelanjaan tersebut, saya jadi mengerti, bahwa sebenarnya di pusat perbelanjaan seharusnya pantang mengatakan, “Saya tidak tahu”, kalaupun memang tidak tahu, tidak sepantasnya membicarakan bahwa mereka tidak diinformasikan dan sebagainya di depan pengunjung. Hal tersebut sama saja dengan membuat nama pusat perbelanjaan tersebut menjadi buruk. Kini, pertanyaannya adalah, pelayanan apakah yang seharusnya disediakan pusat perbelanjaan jika ada pengunjung yang bertanya?

Pantang Katakan “Tidak Tahu”

Customer Service di pusat perbelanjaan pantang untuk mengatakan “tidak tahu”, apalagi kalau pengunjungnya sudah mengantri dengan pengunjung lain untuk menanyakan sesuatu. Jika memang tidak tahu, mintalah pengunjung menunggu, dan upayakan dengan cepat bertanya kepada pihak lain yang lebih tahu. Setelah mendapatkan jawabannya, segeralah memberi tahu pengunjung tersebut.

Jangan bicara dengan sesama Customer Service mengenai tidak menerima informasi

Terkadang, memang informasi dari event mungkin belum sampai ke Customer Service. Namun, jika tidak mengetahuinya, jangan bicara kepada sesama Customer Service lainnya dengan kalimat, “Kok kita tidak diberi tahu ya ada event ini?” Hal tersebut membuat nama pusat perbelanjaan menjadi tidak baik dan tentu saja hal tersebut juga merupakan perilaku yang tidak sopan.

Jawablah sebisa mungkin pengunjung tersebut

Dengan informasi yang Anda ketahui, cobalah tetap menjawab pelanggan tersebut. Kalau benar-benar tidak tahu dan memang harus berkata tidak tahu, mintalah maaf terlebih dahulu sebelum mengatakan tidak tahu. Tetapi, mengatakan tidak tahu pun tidak boleh setelah itu tidak mengupayakan mencari jawaban. Secepat mungkin, seorang Customer Service harus langsung mencari jawaban sampai dapat untuk dijawab kepada pelanggan.

Jangan pernah “mengoper” pengunjung

Ini dia yang penting. Jangan pernah malah menyuruh pengunjung bertanya lagi kesana-kemari. Itu sama saja tidak sopan kepada pengunjung. Customer Service yang harus mencari jawabannya, dan harus memberikan pelayanan yang terbaik bagi pengunjungnya.

Tetap layani pengunjung dengan sabar

Kalau pengunjung marah, tetaplah harus bersabar. Jangan menjawab pengunjung dengan tidak sabar atau membalas dengan marah, tetapi tetap harus bersabar apapun yang dikatakn pengunjung. Ingat, pengunjung adalah raja, karena itu Anda harus memberikan pelayanan yang terbaik.

Zefanya    Zefanya Jodie/Head of Vibiz Learning Centre Vibiz Consulting/VMN/BL