Bagaimana Selalu Bersikap Positif

(Business Lounge – Empower People) – Dalam kita melakukan akan segala kegiatan, ingatlah bahwa bersikap  positif adalah cara terbaik dalam melakukan dan menghadapi segala sesuatu. Seringkali di dalam kita berjalan untuk mencapai suatu tujuan tertentu, kita menemui suatu kendala atau rintangan.  Ketika menghadapi hal tersebut, kita perlu memiliki sikap mental positif atau memiliki pikiran positif. Berpikiran positif ini akan menghapus segala hal yang menghalangi pandangan Anda untuk melihat ke depan, seperti keragu-raguan, kegagalan, rasa takut, tekanan dari lingkungan dan banyak lagi lainnya.

Dalam buku motivasi best seller karangan Stephen R. Covey, The 7 Habit Of Highly Effective People dikatakan bahwa 10% kualitas kehidupan kita ditentukan oleh apa yang terjadi pada kita, dan 90% kualitas kehidupan kita tergantung pada bagaimana sikap kita menghadapi apapun yang terjadi. Tentu dalam hal ini adalah sikap positif. Hukum ini kemudian dikenal dengan istilah hukum 10/90.

“Attitude is a little thing that makes a big difference.” ~ Winston Churchill ~

Bagaimana kita bersikap dalam menghadapi sesuatu mampu membuat suatu perubahan yang besar. Masalahnya adalah terkadang kita sangat susah bersikap positif ketika menghadapi sesuatu. Berikut adalah beberapa cara untuk Anda dapat bersikap positif dalam menghadapi apapun yang Anda alami :

1. Miliki pikiran positif. Sikap positif tentu lahir dari pikiran positif. Untuk itu agar selalu bersikap positif, Anda terlebih dahulu harus membiasakan berpikir positif terhadap apapun.
2. Membuka selalu pikiran Anda. Orang yang bersikap positif, akan selalu open minded. Siap menerima gagasan-gagasan baru dari orang lain. Meskipun tampaknya gagasan itu tak masuk akal.
3. Milikilah kebiasaan untuk bertindak, atau tidak omdo. Ambil tanggung jawab penuh atas apa yang terjadi pada diri anda. Jangan menyalahkan orang lain.
4. Mencari tahu informasi apapun yang bisa anda dapatkan dari apapun yang sedang anda kerjakan atau hadapi. Kemudian juga mendiskusikannya dengan yang lain.  Ini memupuk sikap positif anda.
5. Selalu melihat kemungkinan yang bisa terjadi di masa depan, melihat peluang positif di masa depan, bukan apa yang ada sekarang.
6. Memiliki sikap yang selalu gembira dan tersenyum. Dengan melakukannya maka pikiran dan sikap positif akan ada dalam diri Anda.

Inilah beberapa  tips mengembangkan sikap positif dalam segala hal. Penolakan adalah RESIKO dari BISNIS yang sedang kita jalani, dan PASTI akan selalu kita temui. Jangan pernah menyerah. Singkirkan kegalauan, ketakutan Anda dengan selalu BERPIKIR dan BERSIKAP POSITIF.

Dengan SIKAP POSITIF, Anda akan selalu dapat melihat TUJUAN dan IMPIAN Anda dengan jelas.  Semuga sukses mengembangkan sikap positif anda!

iin3Endah Caratri/VMN/BL/Managing Partner Divisi Financial, Accounting & Tax Services Vibiz Consulting