Inditex – Join Fashion

SpecialReportBL-InditexLarge

(Business Lounge – Company Profile) Mungkin banyak orang lebih familiar dengan brand ZARA, Pull and Bear, Bershka, atau Stradivarius. Namun kurang begitu kenal dengan Inditex yang adalah induk dari brand tersebut di atas.

Industria de Diseño Textil, SA (Inditex) merupakan sebuah perusahaan pakaian multinasional yang berkantor pusat di Spanyol Arteixo, Galicia. Amancio Ortega, orang terkaya Spanyol, dan orang terkaya ketiga di dunia, adalah pendiri dan pemegang saham terbesar saat ini.

Salah Satu Group Fashion Terbesar di Dunia

Inditex Building

Ada lebih dari 6.460 toko di seluruh dunia yang dioperasikan oleh Inditex membuat perusahaan ini menjadi salah satu group fashion terbesar di dunia. Mayoritas toko-toko tersebut dimiliki langsung oleh perusahaan. Sedangkan Franchises hanya dapat diberlakukan pada negara-negara yang tidak terbuka untuk pihak asing seperti negara-negara di Timur Tengah.

Seluruh desain dan produksi ditangani sendiri oleh Inditex, bahkan desain-desain terbaru dapat dikirim dua kali dalam seminggu ke toko-toko Zara.

Inditex Design

Sedangkan pabrik-pabrik Inditex saat ini banyak terdapat di negara-negara dengan biaya tenaga kerja yang rendah terutama di Maroko, Tiongkok, dan Turki, meskipun banyak produksi yang terus dilakukan di Spanyol dan Portugal, khususnya untuk merek Zara. Selain itu, Inditex memiliki pabrik untuk desain sepatu, produksi dan distribusi di kota Elche, di pantai Mediterania Spanyol.

Inditex Industry

Berawal dari Zara Dengan Harga Rendah

Inditex hadir dengan konsep yang berbeda yaitu menawarkan pakaian dengan harga yang terjangkau. Pada awalnya (tahun 1963), Zara menjadi terkenal di Spanyol dengan menawarkan pakaian dengan harga rendah dan kemudian perlahan-lahan menyesuaikan kualitasnya hingga menjadi produk dengan kualitas terbaik saat ini. Pada tahun 1988, perusahaan ini pun melakukan ekspansi internasional dengan toko pertamanya di Oporto,Portugal. Pada 1990-an, lahirlah anak-anak perusahaan lainnya yang masing-masing memproduksi Zara, Pull&Bear, Massimo Dutti, Bershka, Stradivarius, Oysho, Zara Home and Uterqüe.

PullBear_Berlin

Pada bulan Mei 2001, Inditex pun go public seiring dengan ekspansinya ke berbagai negara hingga pada tahun 2011 untuk pertama kalinya Zara dibuka di Australia dengan demikian Inditex telah ada di 5 benua.

Inspirasi Inditex

Inditex Inspiration

Kebesaran Inditex diakui terinspirasi oleh karena adanya passion atas fashionnamun di atas segalanya oleh karena para pelanggannya.

Inditex menggambarkan sang pelanggan yang mendatangi toko akan memberikan feedback yang kemudian akan dianalisa setiap hari. Ada 5 hal yang menjadi poin penting yang harus dipenuhi oleh seluruh toko di seluruh dunia: lokasi yang unik, unsur arsitektur, window display, display produk, dan customer service.

Inditex Storage

Design

Ada 2 hal yang menentukan desain yang dimiliki Inditex:

Creativity: selalu berorientasi kepada pelanggan. Dalam setahun Initex mengeluarkan 30,000 model (18,000 di antaranya adalah untuk Zara), memiliki 500 designer, dalam 2 kali seminggu akan ada model baru di setiap toko.

Different Collections: akan terdapat koleksi yang berbeda untuk utara dan selatan.

uthe/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana