VW Menghadapi Tahun yang Sulit Setelah Turunnya Penjualan

(Business Lounge – Business Insight) – Volkswagen sedang menghadapi tahun yang penuh tantangan, katanya kemarin setelah melaporkan penjualan di divisi inti mereka turun dalam empat bulan berturut-turut pada bulan Januari ini, menurunnya jumlah permintaan yang besar cukup memukul kondisi pasar-pasar utama Eropa dan Tiongkok.

Pengiriman mobil VW di bulan Januari, yang mewakili divisi terbesar dari perusahaan yang terkait dengan penjualan dan pendapatan, menurun 2,8 persen YoY menjadi 507.100 kendaraan.

Penjualan di Eropa dan Tiongkok, yang menyediakan hampir tiga perempat dari pengiriman terakhir merek VW dengan rekor tahun lalu 6,12 juta, menurun sebesar 1 persen dan 0,7 persen menjadi 124.900 dan 265.900 mobil, kata VW.

Di Rusia, di mana rubel telah terpukul oleh kemerosotan harga minyak dan sanksi-sanksi Barat terkait dengan krisis Ukraina, penjualan merosot 28 persen menjadi 6.200 mobil.

“Kami menghadapi tahun yang penuh tantangan,” kata kepala penjualan Christian Klingler. “VW tidak kebal terhadap ketidakpastian di beberapa daerah yang telah berlanjut dalam tahun berjalan.”

Produsen mobil terbesar di Eropa, yang menjual dengan rekor 10,1 juta kendaraan di seluruh kelompok multi-merek pada tahun 2014, berusaha untuk memotong biaya di divisi inti sebesar 5 miliar euro (US $ 5,7 miliar) selama dua tahun ke depan.

Arum/Journalist/VMN/BL
Editor: Iin Caratri