The Fall of Leadership

(Business Lounge – Lead & Follow) Apakah Anda pernah mendengar pemimpin yang gagal? Sekiranya memang pernah mendengarnya, apakah ukurannya kita mengatakan seorang pemimpin itu mengalami kegagalan?  Apakah ada parameter khusus kegagalan bagi seorang pemimpin?  Ataukah sebenarnya kondisi kegagalan bukanlah kegagalan?

Mengenali Kondisi Kegagalan

Sebagai pemimpin kita harus peka terhadap kondisi-kondisi yang menyatakan kegagalan.  Waspadai kondisi ini.

Untuk suatu kondisi ketika seorang pemimpin dikatakan gagal maka kita harus kembali kepada definisi leadership. Ada 2 quotes yang dapat kita jadikan patokan sebagai keberhasilan leadership dan sebaliknya juga menjadi definisi kegagalan yaitu:

Napoleon Bonaparte “ A leader is a dealer in hope”

Kenneth Blanchard ” The key to successful leadership today is influence, not authority”

Hal ini berarti pemimpin yang gagal adalah :

1. Pemimpin yang tidak dapat mempengaruhi pengikutnya. Seorang pemimpin yang tidak mendapatkan pengaruh berarti tidak mendapatkan pengikut. Pemimpin yang tidak dapat mempengaruhi berarti telah gagal untuk membuat orang lain melakukan apa yang diperintahkan.

Dimanakah letak kegagalan seperti ini? Untuk mendapatkan pengikut seringkali pemimpin menyuruh anak buah untuk melakukan apa yang diperintahkan olehnya, tetapi Anda harus menyadari bahwa pengikut Anda bukan melakukan apa yang Anda katakan tapi melakukan apa yang Anda lakukan. Jadi disini jelaslah bahwa kegagalan pemimpin terletak pada ada atau tidaknya integritas. Istilah populernya adalah “Walk The Talk”.  Walaupun secara terdaftar mungkin Anda memiliki 50 karyawan, namun jika mereka tidak dapat Anda atur dan perintah itulah kegagalan.

Seorang yang tidak memiliki integritas tidak memiliki landasan yang kuat untuk kepemimpinannya.

2. Pemimpin yang tidak mampu memberikan harapan kepada para pengikutnya. Semua pengikut memiliki harapan atas pemimpinnya. Lihat saja Jokowi, rakyat menaruh harapan yang sangat tinggi atas terpilihnya Jokowi sebagai presiden. Ketika kelihatannya banyak goncangan di sana dan di sini beberapa orang yang merasa mulai kehilangan harapan yang diimpikannya dari seorang Presiden akan mulai menilai sang Presiden telah gagal. Namun bagi sebagian masyarakat yang tetap menaruh harapan, mereka sabar untuk menanti dan terus memberikan dukungan, karena percaya harapan itu akan menjadi suatu kenyataan walaupun harus melewati dimensi waktu. Pemimpin mau tidak mau, sadar ataupun tidak adalah seorang yang menjadi gantungan harapan semua orang. Entahkah itu harapan untuk suatu organisasi yang lebih baik, sistem yang lebih baik, masa depan yang lebih baik bahkan yang menyangkut kesejahteraan pengikut.

Dua kondisi ini dapat menjadi  suatu  tanda telah terjadinya kegagalan kepemimpinan.

Tips Menghindari Kegagalan

Bagi para pemimpin, sebaiknya membuat check list bagi pribadi Anda sendiri agar terhindar dari kondisi ini. Beberapa  check list yang dapat Anda tanyakan selalu pada diri Anda sendiri antara lain adalah:

1.     Apakah saya orang yang suka memberi contoh?

2.     Apakah saya orang yang suka mengumbar janji namun tidak saya tepati?

3.     Apakah pengikut saya menghormati dan menghargai saya?

4.     Apakah pengikut saya gembira dan semangat  berada di bawah kepemimpinan saya?

5.     Apakah saya memperhatikan kesejahteraan pengikut?

Pertanyaan-pertanyaan ini dapat menjadi indikator dan dapat Anda kembangkan sendiri bagi diri Anda agar apabila Anda merasa jawaban Anda sendiri kurang memuaskan, Anda dapat bersegera memperbaiki diri.

Semoga kita semua berhasil dalam kepemimpinan kita! Salam sukses!

Vera Herlina Vera Herlina/CEO of Management Soft Skill Academies Vibiz Consulting Group/VMN/BL