Lollipop 5.1 Akan Hadir Pertama Kali di Android One

(Business Lounge – Tech & Gadget) Google akhirnya resmi menghadirkan update baru sistem operasi Android terbarunya yaitu Android Lollipop versi 5.1. Namun jika biasanya perangkat Google Nexus selalu menjadi perangkat pertama yang menerima update Android, tapi untuk update Android Lollipop 5.1 ini Google tidak menghadirkan lebih dulu ke perangkat Google Nexus melainkan ke perangkat barunya yaitu Android One.

Seperti yang dilansir dari The Next Web, kabarnya Google memang akan segera mengenalkan sistem operasi terbaru Android Lollipop 5.1 pada smartphone terbaru besutannya yaitu Android One. Sistem Android Lollipop versi 5.1 tersebut rencananya akan di pamerkan secara global di beberapa negara berkembang.

Hal ini memang bisa dibilang sebagai sebuah kejutan dari Google. Pasalnya, smartphone Android One sendiri memang baru dirilis Google di India dengan menjalankan Android Lollipop 5.02, tapi rupanya Google langsung memberikan pembaharuan Android Lollipop versi 5.1 pada smartphone barunya tersebut.

Namun yang mungkin lebih diperhatikan adalah apa yang ditawarkan Google pada update sistem operasi Android Lollipop versi 5.1 tersebut. Karena kabarnya, Android Lollipop versi 5.1 tersebut hadir untuk memperbaiki masalah yang ada di versi 5.02 yang pastinya akan menguntungkan pengguna. Beberapa perbaikan tersebut diantaranya adalah :

–  Ditambahkannya mode Silent yang sebelumnya sempat hilang di Android Lollipop versi 5.02
–  Perbaikan umum dalam stabilitas sistem
–  Peningkatan manajemen RAM
–  Perbaikan untuk aplikasi yang ditutup secara tiba-tiba
–  Peningkatan manajemen baterai
–  Konsumsi baterai tetap meskipun sedang menggunakan WiFi
–  Memperbaiki masalah dengan koneksi Wireless
–  Memperbaiki masalah dengan fungsi Google
–  Memperbaiki masalah terkai notifikasi smartphone atau pemberitahuan
–  Memperbaiki beberapa masalah sound pengalaman dengan perangkat tertentu
–  Perubahan dalam palet warna Desain Material

Nantinya, update Android Lollipop 5.1 ini akan hadir dibeberapa negara berkembang seperti Indonesia, Bangladesh, Sri Langka, dan Nepal. Hal itu tentu menjadi yang pertama bagi Google, karena sebelumnya mereka selalu menghadirkan update terbaru Android hanya di negara maju terlebih dahulu seperti di AS, dan negara-negara Eropa.

Dewi Lajolie/VMN/BL/Analyts-Vibiz Research Center
Editor: Ruth Berliana
Image : TheNextWeb