Saraso

(Business Lounge – Fine Culinary) – Mengusung beragam hidangan Padang Peranakan, Saraso hadir untuk melestarikan budaya Padang yang merupakan salah satu masakan daerah terfavorit di Indonesia. Padang Peranakan ini berbeda dengan Padang lainnya karena dipengaruhi oleh citarasa Tionghoa, dimana salah satu cirinya ditandai dengan rasa masakan yang tidak sepedas masakan Padang aslinya. Berbeda dengan restoran Padang pada umumnya juga, Saraso tampil dengan konsep bersantap affordable luxury, dimana restoran ditata dengan gaya modern dan nyaman. Saraso berkapasitas 98 pengunjung dengan pemisahan (tanpa sekat) antara smoking dan non smoking area dan satu semi private room berkapasitas 10 orang.

Ikan Bilih Lado Ijo

ikanbilih

Sate Padang

satepadang

Lontong Picel

lontongpicel

Lontong Sayur Padang

lontongsayurpadang

Soto Padang

sotopadang

Dari aneka hidangan appetizer di Saraso ini, yang menjadi favorit saya adalah Sate Padang.  Seporsi sate padang dihidangkan bersama dengan saus kuning kental yang kaya bumbu bersama dengan potongan ketupat di bagian bawahnya. Satenya terdiri dari campuran daging serta jeroan sapi yang empuk dan gurih. Ikan Bilih Lado Ijo juga patut dicoba. Teksturnya yang super renyah dipadukan dengan sambal lado ijo pedasnya samar-samar. Cocok bagi yang tidak terlalu menyukai hidangan pedas. Saraso juga memiliki beberapa menu yang menjadi Signature Dishnya. Uniknya, beberapa pilihan menu Signature ini tersedia dalam 3 porsi  yaitu small, medium serta large. Menu-menu tersebut antara lain :
Gulai Kepala Kakap
gulaikepalakakap
Gulai udangnya juga recommended. Udang-udang yang besar serta juicy ini dimasak dalam kuah kari yang kental dan kaya rasa. Rasa gurih santan meresap ke dalam udang dengan semburat pedas terasa di lidah saat menyantapnya. Selain sajian ala carte seperti pada umumnya, Saraso juga memiliki set menu yang dapat dipilih sesuai dengan selera. Satu porsinya sudah termasuk nasi putih, daun singkong, lauk pilihan, terong balado serta gulai cubadak (nangka muda). Nasi Batang Anai menggunakan lauk dendeng yang bisa dipilih masak basah ataupun kering, sedangkan Nasi Batang Arau menyajikan pilihan ayam sebagai lauknya. Bagi para pecinta rendang, Nasi Batang Kandislah yang merupakan pilihan yang tepat. Favorit saya adalah Nasi Batang Anai dengan dendeng balado yang dimasak kering. Tekstur dagingnya kering renyah, menyerupai keripik dengan bumbu gurih yang meresap.

Nasi Batang Anai

nasibatanganai

Nasi Batang Arau

nasibatangarau
Serabi Padang
serabipadang
Serabi ini disajikan dengan saus yang terbuat dari gula merah. Serabinya sendiri moist serta empuk dengan aroma gurih kelapa yang terasa di lidah. Saya suk hidangan penutup santap nan lembut ini.

Bubur Kampiun
buburkampiun
Bubur kampiun ala Saraso ini memiliki isian yang variatif, antara lain bubur sumsum, ketan putih, bubur kacang hijau, ketan hitam serta bola ubi.
minumansaraso2
minumansaraso
Saraso juga menghidangkan aneka minuman yang cukup bervariasi. Yang menjadi andalan tentu saja varian healthy juicenya yang terbuat dari campuran buah-buahan dan sayuran segar yang dapat dimanfaatkan sebagai penetralisir setelah makan besar.
Aline Chandra/ Culinary Expert
All photos by Ms. Aline Chandra (Foolosophy)
Editor : Fanya Jodie