Top Vendor Smartphone di Pasar Tiongkok

(Business Lounge – Business Insight) – Lonjakan permintaan untuk ponsel layar besar dan tren untuk LTE telah mendorong Apple untuk menjadi top vendor smartphone dalam jumlah unit yang terjual di pasar Tiongkok untuk pertama kalinya pada kuartal keempat ini, demikian dikatakan perusahaan riset yang berbasis di AS Canalys kemarin.

Apple mencapai posisi ini bahkan ketika harga iPhone rata-rata dua kali lipat dari harga rata-rata ponsel lain di pasar, Canalys menambahkan.

Pendapatan Apple China mencapai US $ 16,1 miliar pada kuartal pertama fiskal yang berakhir pada tanggal 27 Desember dengan pertumbuhan 70 persen year on year, yang membuat negara kawasan tercepat ini menjadi perusahaan yang berkembang secara global, Apple mengatakannya kemarin, di tengah melonjaknya permintaan iPhone 6 dan iPhone 6 Plus.

“Perusahaan ini akhirnya megikuti layar besar dan tren LTE di Cina, yang memang penting untuk keberhasilannya,” kata Canalys dalam laporannya.

Apple menjual nya 1 miliar perangkat iOS (termasuk iPhone, iPad dan iPod) pada bulan November secara global – 64-gigabyte iPhone 6 Plus, kata Tim Cook, CEO Apple, kemarin.

Empat besar vendor pada kuartal keempat di Tiongkok dalam jumlah unit adalah Apple, Xiaomi, Samsung dan Huawei, kata Canalys, yang dikatakan akan merilis sebuah laporan dengan angka pada minggu depan.

Arum/Journalist/VMN/BL
Editor: Iin Caratri