Android Robot

10 Keunggulan Android yang Tidak Dimiliki iPhone

(Business Lounge – Tech & Gadget) Sejak diluncurkannya iPhone 6 dan iPhone 6 Plus pada bulan September tahun lalu, saham Apple dilaporkan naik dan penetrasi pasar Apple meningkat menjadi dua kali lipat dari sebelumnya, seperti dikutip dari Vibiznews (26/1).

Peluncuran iPhone 6 dan iPhone 6 Plus juga telah berhasil menarik pelanggan setia Apple dengan mengganti iPhone lama mereka ke iPhone baru, sementara sekitar 25 persen pemilik ponsel Samsung dan sekitar 18 persen dari pemilik ponsel LG mengganti ponsel mereka dengan iPhone.

Namun apakah iPhone dalam segala hal benar-benar lebih unggul dari smartphone Android, berikut beberapa kekurangan iPhone dibandingkan dengan Android, seperti dikutip dari Businessinsider (28/1) :

1. iPhone tidak mempunyai slot untuk microSD card, sehingga penyimpanan terbatas hanya pada internal storage. Beda halnya dengan ponsel Android yang selalu dilengkapi dengan microSD card untuk mendukung penyimpanan external storage.

2. Baterai iPhone tidak bisa dilepas. Ketika baterai ponsel Android bermasalah, misalnya sering lowbath, pengguna dapat dengan mudah mengganti baterai dengan yang baru, namun hal ini tidak bisa dilakukan di iPhone karena baterainya memiliki konsep desain tidak bisa dilepas.

3. Untuk mendapatkan file musik ataupun foto di iPhone, pengguna harus mengambilnya dengan menggunakan aplikasi iTunes dan iPhoto. Sementara untuk Android, pengguna tidak perlu menggunakan aplikasi apapun dan dapat mengambilnya dari mana saja.

4. Untuk meng-charge iPhone pengguna hanya bisa menggunakan kabel koneksi Lightning milik Apple, sementara untuk Android pengguna dapat menggunakan banyak kabel micro-USB untuk meng-charge ponsel.

5. Aplikasi Apple Maps tidak sebagus Google Maps, namun di iPhone pengguna tidak dapat menggunakan Google Maps sebagai default.

6. Pada iPhone, pengguna hanya dapat mengunci iPhone dengan fingerprint atau passcode. Sedangkan untuk beberapa ponsel Android, pengguna memiliki beberapa opsi tambahan seperti patterns atau face unlock.

7. Pada ponsel Android, notifikasi akan selalu ditampilkan diatas layar ponsel. Hal ini membuat pengguna dengan mudah mendapatkan informasi tanpa harus membuka ponsel mereka. Hal ini tidak ada di iPhone.

8. Pada beberapa ponsel Android, pengguna dapat membuka dan melihat beberapa aplikasi sekaligus, hal ini tidak dapat dilakukan di iPhone.

9. Ketika pengguna menghubungkan ponsel Android ke komputer, pengguna dapat melihat sistem file seperti saat bekerja di komputer, ini akan semudah drag and drop. Apple tidak memberikan pengguna akses seperti ini di iPhone.

10. Ketika pengguna harus mengetik sesuatu dengan cepat, pengguna dapat menggunakan aplikasi Swype yang tersedia di ponsel Android. Hal ini juga tidak bisa dilakukan di iPhone.

So, dari semua pernyataan diatas, masihkah iPhone menjadi pilihan utama Anda?

W.Lubis/VMN/BL/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Lidia Wulan