Australia Day 2015: Australia Miliki 16,000 Warga Negara Baru

(Business Lounge – News & Insight) Enam belas ribu orang akan menjadi warga negara Australia pada hari ini, demikian dikatakan Perdana Menteri Australia, Tony Abbott pada saat ia melakukan upacara kewarganegaraan di Canberra. Hadir pada saat upacara ini 25 orang dari 15 negara yang disambut sebagai Australia baru. Upacara kewarganegaraan di tepi Danau Burley Griffin ditandai dengan menembakkan 21 kali tembakan penghormatan dan menerbangkan jet tempur di atas Canberra. Selain itu bendera nasional Australia pun dikibarkan.

Seorang Selandia Baru yang telah tinggal di Australia selama jangka panjang, Taryn O’Connor menjadi orang pertama yang menerima sertifikat kewarganegaraan dari Perdana Menteri Tony Abbott. “Saya hanya memutuskan untuk meresmikannya,” demikian dikatakan Ms O’Connor seperti dilansir oleh ABC.

Ketua Dewan Nasional Australia Day, Kopral Ben Roberts-Smith mengatakan bahwa upacara ini memberikan kesempatan bagi semua untuk merenungkan apa artinya menjadi warga Australia.

Seluruh Australia Merayakannya

Di Queensland, penduduk setempat mengambil bagian dalam berbagai perayaan, mulai dari pelajaran cemeti di Toowoomba, kontes makan pie Australia di Sunshine Coast, dan upaya untuk memecahkan rekor dunia untuk garis terpanjang dari tali karet raksasa di perairan terbuka di Mooloolaba pantai. Selain itu ada ice skating dan tobogganing di Rockhampton.

Pada Bribie Island perayaan yang diselenggarakan mungkin sedikit lebih tenang dengan sarapan barbekyu gratis diikuti oleh kompetisi makan lamington.

Lebih dari 4.000 orang dari 118 negara akan menjadi warga negara Australia di 42 upacara di Queensland saja.

Di Hobart penduduk setempat terlibat dalam Australia Day surfing, melestarikan karnaval yang sangat tradisional, yang dimulai dengan perlombaan laut. Peristiwa yang dijadwalkan termasuk kompetisi junior, berburu harta karun, perang tarik-menarik, dan perlombaan tali karet.

Darwin merayakan Australia Day dengan lari santai, upacara kewarganegaraan, dan tembakan penghormatan sebanyak 21 kali.

Perayaan di Sydney

Meskipun hujan dan suhu dingin di Sydney namun hampir 1.000 orang ikut serta lomba berenang sepanjang 2,2 kilometer di Sydney Harbour. Pagi dimulai dengan upacara adat dan memberikan penghormatan kepada negara, dengan mengibarkan bendera Australia dan Aborigin di atas Sydney Harbour Bridge.

Orang-orang juga menyaksikan balapan feri, upacara bendera dan menyaksikan kapal pesiar dan tugboat meskipun cuaca gerimis. Di pelabuhan, kapal angkatan laut terbaru dan terbesar di Australia, HMAS Canberra menjadi pusat perayaan, jauh melebihi segala sesuatu di dekatnya karena membuat jalan ke pusat pelabuhan dari pangkalan angkatan laut Garden Island.

Di Parramatta, di barat Sydney, perayaan dimulai awal dengan tampilan balon udara saat matahari terbit.

Di Coffs Harbour, di pantai utara pertengahan NSW, budaya adat merupakan pusat perayaan di Saltwater Air Tawar Festival tahunan, dengan penyanyi-penulis lagu Archie Roach.

Di Melbourne, ribuan orang menyaksikan parade Australia Day di pusat kota, walaupun cuaca mendung dan hujan. Mereka tetap berlindung di bawah payung dna jas hujan. Perayaan kota akan ditutup dengan kembang api di Docklands.

uthe/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Image: Australia Day