twitter

Twitter – Yours to Discover

SpecialReportBL-Twitter

Twitter merupakan layanan jaringan sosial online yang memungkinkan pengguna untuk mengirim dan membaca pesan dengan maksimal 140 karakter pendek yang disebut “tweet”. Pengguna yang terdaftar dapat membaca dan mengirim tweets, namun pengguna terdaftar hanya dapat membacanya. Pengguna dapat mengakses Twitter melalui halaman website, SMS, atau aplikasi perangkat ponsel. Twitter Inc berbasis di San Francisco dan memiliki lebih dari 25 kantor di seluruh dunia.

Sejarah

Twitter didirikan pada bulan Maret 2006 oleh Jack Dorsey, Evan Williams, Biz Stone dan Noah Glass dan diluncurkan pada bulan Juli 2006. Diawali dari mimpi Jack Dorsey yang membayangkan sebuah jejaring sosial berbasis SMS dan terinspirasi oleh Flickr.

Layanan ini cepat mendapatkan popularitas di seluruh dunia, dengan lebih dari 100 juta pengguna pada tahun 2012 serta membukukan 340 juta tweet per hari. Layanan ini juga menangani 1,6 miliar permintaan pencarian per hari. Kata ‘twitter’ didefinisikan ‘celotehan pendek informasi tidak penting,’ dan ‘celetuk dari burung.

Pada 2013 Twitter menjadi salah satu dari sepuluh situs yang paling sering dikunjungi, dan digambarkan sebagai “SMS dari internet.” Pada Desember 2014, Twitter memiliki lebih dari 500 juta pengguna, dengan lebih dari 284 juta pengguna aktif.

Prototipe twitter pertama yang dikembangkan oleh Dorsey dan kontraktor Florian Weber, digunakan sebagai layanan internal bagi karyawan Odeo dan versi lengkap diperkenalkan publik pada tanggal 15 Juli 2006.

Menjadi Terpopuler

Titik kritis untuk popularitas Twitter adalah tahun 2007 saat konferensi South by Southwest Interactive (SXSWi). Pada kesempatan tersebut, penggunaan Twitter meningkat dari 20.000 tweets per hari menjadi 60.000. Dengan cerdik orang-orang twitter menempatkan dua layar plasma 60-inch di lorong konferensi, secara eksklusif pesan twitter pun mengalir. Reaksi pada konferensi itu sangat positif.

Di-tweet Dari Luar Angkasa

Salah satu yang menarik adalah saat sebuah pesan di-tweet dari Stasiun Luar Angkasa Internasional oleh astronot NASA TJ Creamer pada 22 Januari 2010. Pada akhir November 2010, rata-rata selusin update per hari diposting di akun komunal astronot ‘,NASA_Astronauts. NASA juga telah menyelenggarakan lebih dari 25 “Tweetups”, peristiwa yang menyediakan tamu dengan akses VIP ke fasilitas NASA dan speaker dengan tujuan memanfaatkan jaringan sosial peserta untuk memajukan tujuan penjangkauan NASA.

The Story of a Tweet

Pada Academy Awards 2014 , Host Ellen DeGeneres mengambil selfie bersama dengan para bintang yang kemudian di-tweet ke dunia sehingga menjadi Tweet yang paling populer dalam sejarah Twitter.

tweeter

tweeter 2

 

 

Twitter Resmi Luncurkan Fitur “While You Were Away”

Berita terbaru dari Twitter, adanya fitur “While You Were Away”, yang membantu Pengguna mengejar tweet yang tidak terjawab. Termasuk beberapa Tweet terbaik yang belum dilihat si pengguna.

 

 

 

uthe/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana