Bill Gates Menantang Jimmy Fallon Dengan Air Feces

(Business Lounge – News & Insight) Bill Gates menjadi tamu dalam acara yang dipandu oleh Jimmy Fallon, seorang presenter terkenal di AS.  Acara yang bertajuk “The Tonight Show Starring Jimmy Fallon” ini membahas tentang Omniprocessor, sebuah proyek kemanusiaan terbaru dari Bill & Melinda Gates Foundation untuk meningkatkan sanitasi di negara-negara berpenghasilan rendah. The Omniprocessor adalah mesin yang mengubah kotoran manusia menjadi air bersih dan listrik.

Hal inilah yang kemudian dibahas oleh Jimmy Fallon yang kemudian menghadirkan dua buah gelas yang menurut Gates salah salah satunya berisi air hasil mesin Omniprocessor. Fallon, si presenter kocak merasa enggan untuk meminumnya, tetapi Gates menantang untuk Fallon dapat merasakan perbedaan air hasil sterilisasi dengan air minum kemasan. Setelah menimbang-nimbang apakah ia akan meminum gelas bertuliskan nomer satu atau gelas bertuliskan nomer dua. Akhirnya Fallon memilih untuk tidak melihat dan meminta Gates mengacak kedua gelas tersebut. Masih tanpa melihat Fallon meraih gelas yang bernomer dua dan kemudian meminumnya. Merasa tidak yakin, Fallon sempat mengeluarkan air minum tersebut dari mulutnya kembali ke dalam gelas. Tetapi setelah memantapkan hati, ia pun menghabiskan air dari gelas tersebut.

Merasa bahwa tidak ada yang aneh dengan rasa air di gelasnya, Fallon dengan yakin berkata bahwa itu pasti air mineral. Tetapi ternyata ia salah sebab kedua gelas tersebut sama-sama berisi air hasil Omniprocessor. Mendengar demikian, Fallon langsung menjatuhkan dirinya ke balik mejanya.

Tetapi kemudian Fallon mengakui bahwa tidak ada yang aneh dengan rasa air yang diminumnya.

Alasan Diciptakannya Mesin Omniprocessor

Menurut Gates, pada negara-negara berpenghasilan rendah sedikitnya ada sekitar 700ribu anak meninggal disebabkan penyakit yang diakibatkan oleh sanitasi yang buruk setiap tahunnya. Gates juga mengatakan setidaknya 2 miliar orang di seluruh dunia tidak memiliki akses terhadap air bersih dan sanitasi. “Kami menantang para insinyur untuk membuat sesuatu yang bisa mengambil limbah dan sangat murah menyingkirkan limbah,” demikian dikatakan kata Gates kepada Fallon hingga terciptalah mesin ini. Dalam percakapan tersebut, Gates mengatakan bahwa sistem tersebut tidak mahal.

“Limbah buruk -. Itu menyebabkan banyak penyakit, seperti diare, karena orang tidak memiliki sistem sanitasi yang baik Kami mengatakan itu cara yang dilakukan oleh negara-negara kaya untuk menyingkirkan limbah, sangat mahal, tidak mungkin diterapkan oleh negara-negara di seluruh Afrika,” demikian dikatakan Gates.

Sebelumnya, dalam blognya, Gates pun menggambarkan proses pembuatannya mulai dari tumpukan feces yang dibawa oleh ban berjalan dan kemudian masuk ke dalam tempat besar. Feces melewati mesin, dimatangkan dan kemudian disterilkan. Dalam beberapa menit maka dihasilkanlah segelas air minum nan “lezat”, demikian digambarkan oleh pendiri Microsoft.

Fungsi Mesin Omniprocessor

The Omniprocesso dikembangkan oleh perusahaan teknik berbasis di Seattle yaitu Janicki Bioenergi yang berpaya untuk membuat solusi dari permasalahan ini. Yaitu dengan mengekstraksi air dari limbah yang dibawa ke lokasi mesin. Kotoran kemudian dikeringkan, dibakar untuk membuat uap, yang dilakukan oleh mesin Omniprocessor.

Gates pun telah merilis video yang menampilkan proses hingga menjadi air minum murni. Dalam video tersebut, Gates mengatakan Omniprocessor hasil dari proses ini sangat baik dan ia dengan “senang hati meminumnya setiap hari.”

uthe/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Image: youtube