Menerapkan Time Management dalam Keseharian

(Business Lounge – Empower People) Menjadi orang sibuk bukanlah sebuah pilihan tetapi suatu kenyataan yang memang wajib Anda jalani tiap-tiap hari sebagai seorang pekerja. Bagaimana tidak, mulai dari pagi hari Anda bangun maka segudang kesibukan telah siap menanti Anda. Bagaimana jika Anda memilih untuk tidak melakukannya? Bisa saja. Tetapi sering kali hal itu hanya berarti Anda menunda untuk melakukannya. Esok hari, Anda akan diperhadapkan lagi dengan hal tersebut dan wajib untuk diselesaikan. Menunda hanya berarti menumpuk pekerjaan Anda dan hanya membawa kerugian oleh karena waktu yang terbuang dengan percuma.

Daripada menunda dan membuang waktu, mengapa tidak memilih memanej waktu Anda saja? Sebab akan mendatangkan kebaikan bagi Anda. Ada 5 cara yang sebelumnya pernah saya berikan untuk dapat mengatur waktu dengan baik: (Baca: Merasa Gagal Mengelola Waktu Pada Tahun Lalu?)

1. To do lists based on priority
2. Jangka waktu
3. Tim dan delegasi
4. Jangan takut untuk berkata TIDAK
5. Pantang menunda

Bagaimana? Apakah Anda sudah mencoba untuk melakukannya? Dari ke-5 hal di atas maka poin ke-5 tentu akan membawa tantangan sendiri untuk Anda. Ketika Anda telah mendaftarkan hal-hal yang perlu Anda lakukan, kemudian menentukan apa yang menjadi prioritas, lalu apakah Anda kemudian dapat dengan konsisten menjalankannya tanpa tawar menawar. Sering kali sangat mudah bagi kita untuk melanggar apa yang kita komitmenkan sendiri. Namun cobalah untuk memenuhinya dulu, sebab ketika Anda terbiasa untuk memanej waktu Anda dengan baik maka akan ada banyak hasil yang dapat Anda raih.

Cobalah untuk memulainya hari ini dan jangan menundanya hingga esok hari.

ruth_revisiRuth Berliana/VMN/BL/Management Head-Vibiz Research Center