Pengaruh CEO Rupawan Di Dalam Perusahaan

(Business Lounge – Empower People) – Banyak orang berpikir, tidak perlu rupawan yang penting isi otaknya. Ya, sebenarnya kalau dibilang hanya isi otaknya saja, itu tidak benar. Penampilan yang rupawan tetap terkadang dibutuhkan untuk meningkatkan brand image perusahaan.

Mari kita lihat, brand image atau citra merk berarti seperangkat keyakinan konsumen mengenai merek tertentu (Kotler dan Amstrong, 2001:225). Perhatikan kata keyakinan. Keyakinan berarti kepercayaan, dan bicara masalah kepercayaan berarti berbicara jangka panjang. Tanpa adanya kepercayaan publik akan produk atau jasa yang dihasilkan, maka lama-kelamaan perusahaan akan bubar jalan.

Nah, jangan katakan kalau saya orang yang rasis atau memandang rupa, tetapi saya ingin katakan, adakalanya seorang CEO yang rupawan bisa menjadi nilai tambah bagi perusahaan. Mengapa? Karena CEO yang rupawan, baik pria maupun wanita, pastilah menjadi brand image dari perusahaan tersebut.

Sudah percaya atau belum dengan yang saya katakan? Sebagai contoh, lihat saja Marissa Mayer, CEO Yahoo! Semua orang, saya rasa tahu Marissa Mayer. Melihat Marissa Mayer, seperti melihat Yahoo! Dan apapun yang dilakukan oleh Yahoo! dan berita terbarunya, pasti semua ingat Marissa Mayer, CEO Yahoo! yang memang rupawan. Dan, memang perlu diakui bahwa otak brillian Marissa Mayer juga banyak memberikan keuntungan bagi Yahoo! sendiri.

Memang perlu diakui, CEO yang rupawan merupakan brand image daripada perusahaan. Namun, rupawan itu bukan berarti Anda harus operasi plastik habis-habisan sampai mengubah tubuh Anda, melainkan yang Anda perlukan hanyalah berpenampilan rapi dan tentu saja bersikap baik serta menghargai bawahan Anda. Hal itu membuat penampilan Anda menjadi semakin rupawan tentunya. Nah, kini saya akan menjelaskan kaitan antara CEO yang rupawan dengan brand image perusahaan :

Memberi pengaruh terhadap proses negosiasi

Percaya atau tidak, jika penampilan CEO atau pimpinan lainnya, sebut saja mungkin manager, terlihat menawan, rapi, dan meyakinkan, maka hal itu akan memberikan dampak besar ketika dalam proses bernegosiasi. Anda harus tahu, kualitas pembicaraan nomor dua, tetapi penampilan yang meyakinkan adalah kesan pertama yang sudah pasti membuat orang percaya bahwa Anda pasti memiliki kemampuan yang lebih dan bisa diandalkan.

Menciptakan awareness publik terhadap perusahaan

CEO atau pimpinan yang rupawan bak selebritis yang akan dilihat dan diperhatikan publik. Ketika orang mengingat CEO yang rupawan dari perusahaan tersebut, maka apapun yang dibicarakan CEO tersebut di media, percaya atau tidak, orang pasti akan ingin tahu. Keingintahuan publik terhadap produk atau jasa kita sangatlah penting, karena dari situlah kita akan mulai dapat menjaring calon investor dan konsumen.

Menciptakan respek dari karyawan tempat bekerja

Jika Anda berpenampilan rapi dan juga ramah terhadap karyawan, hal itu juga dapat menciptakan respek tersendiri bagi karyawan di tempat Anda bekerja. Dampaknya, apa yang Anda katakan dan putuskan bagi perusahaan di tempat Anda bekerja akan didengarkan oleh karyawan. Ingatlah, karyawan itu adalah aset penting yang akan menunjang perusahaan sehari-hari.

Menambah keuntungan secara finansial bagi perusahaan

Nah, soal keuntungan secara finansial, sudah pasti akan mengikuti perusahaan Anda. Ya, dengan bertambahnya perhatian publik kepada perusahaan Anda, tentu saja investor maupun konsumen potensial akan semakin banyak berdatangan. Asalkan perusahaan tersebut juga mempertahankan kualitasnya, maka keuntungan finansial juga bisa semakin meningkat terus-menerus.

Memang, CEO yang rupawan adalah brand image dari perusahaan itu sendiri. Tapi, selain rupawan, ada lagi yang mengagumkan dari Marissa Mayer, yaitu ketika ia hamil delapan bulan, ia bahkan tetap bekerja sampai akhirnya dia menyadari sudah larut malam dan harus pulang, dan ketika besok paginya ia dan suaminya menggosok gigi, suaminya bertanya “kemana kamu tadi malam?” Well, pastinya tidak ada jawaban lain selain bekerja. Jadi, rupawan dan juga rajin tentunya, seperti itulah brand image dari perusahaan yang berkelas.

Zefanya    Zefanya Jodie/Head of Vibiz Learning Centre Vibiz Consulting/VMN/BL