Cara Mudah Membuat Ponsel Android Hemat Baterai

(Business Lounge – Tech & Gadget) Pernah mengalami masalah dengan baterai smartphone Anda ? Jika ya, biasanya masalah yang sering terjadi adalah baterai yang sering lowbath atau kehabisan daya. Apalagi jika Anda merupakan pengguna smartphone Android yang menggunakan berbagai jenis aplikasi, sudah dapat dipastikan bahwa kelemahan dari smartphone ini adalah penggunaan daya yang cukup boros, sehingga menyebabkan baterai mudah lowbath.

Berikut tips-tips membuat smartphone Android hemat baterai :

1. Matikan Service App
Mematikan aplikasi di smartphone bisa dilakukan dengan logout dari akun-akun media sosial seperti Facebook, Twitter, Google+, Instagram, Path, dsb. Saat tidak sedang menggunakan akun-akun media sosial tersebut Anda dapat logout dan ketika Anda ingin menggunakannya lagi Anda bisa sign in kembali.

2. Matikan Wi-Fi dan Bluetooth
Jika tidak sedang digunakan, silahkan matikan koneksi Wi-Fi dan Bluetooth di smartphone. Jaringan nirkabel ini jika aktif akan membutuhkan sangat banyak daya.

3. Setting layar dengan rendah cahaya
Atur pencahayaan dengan baik, hal ini disesuaikan dengan kenyamanan pengguna saat membaca atau melihat tampilan layar di smartphonenya.

4. Gunakan modus baterai lemah dan modus stamina
Dengan menggunakan modus baterai lemah dan modus stamina akan membuat baterai smartphone lebih tahan lama. Modus stamina mampu mengatur paket data hanya aktif pada layar on (tidak terkunci). Jadi, saat ponsel anda terkunci maka paket data dan WIFI akan otomatis dimatikan.

5. Non aktifkan fitur Getar dan Nada tombol (Dial Tone/keynotes)
Smartphone yang menggunakan daya getar akan lebih cepat menguras baterai.

6. Matikan GPS
Hampir disetiap smartphone Android tersedia GPS, sebaiknya matikan saja jika tidak digunakan, misalnya untuk GPS tracking.

7. Matikan paket data
Jika baterai Anda menipis, Anda bisa mematikan layanan paket data di smartphone sementara waktu. Selama paket data dimatikan maka koneksi internet akan berhenti dan smartphone Anda masih bisa menerima panggilan telepon atau SMS.

8. Charger smartphone sebelum mati
Ketika baterai Anda dalam posisi lowbath, usahakan langsung segera mengisi baterai tersebut. Jangan menunggu sampai baterai benar-benar habis dan akhirnya smartphone Anda mati. Hal ini akan menyebabkan kerusakan pada baterai dan baterai menjadi cepat lowbath.

9. Matikan smartphone
Mematikan smartphone dapat Anda lakukan dalam kondisi tertentu. Misalnya ketika Anda sedang beribadah, berlibur ataupun beristirahat sejenak. Hal ini tentunya juga dapat menghemat baterai smartphone Anda.

Demikian 9 tips menghemat baterai dari businesslounge.co, silahkan dicoba.

W.Lubis/Journalist/VMN/BL
Editor : Lidia Wulan