Apple Siap Berjaya Di Tiongkok

(Business Lounge – Business Insight)-Apple sangat bergairah menyambut tahun 2015 ini. Pesaing yang muncul dimana-mana membuat Apple semakin gencar mengincar pasar di Tiongkok. Apple tak hanya melayangkan pandangannya pada Tiongkok tapi juga sungguh-sungguh hendak meraih sebanyak-banyaknya konsumen dengan cara membuka toko dengan sebaran yang luas di seluruh daerah potensial Tiongkok.

Lalu apa yang hendak diraih Apple sesungguhnya? Siapa yang tak tahu betapa negeri tirai bambu ini memiliki milyaran penduduk. Tak tanggung-tanggung, Apple berambisi untuk mendapatkan 1,3 miliar pelanggan potensial disini.

Nah, sebagai bagian dari rencana ekspansi terbaru, maka Apple telah membuka toko pertama di Zhengzhou di provinsi Henan dan satu lagi akan kembali dibuka dalam waktu dua minggu kedepan yaitu di Danau Barat di Hangzhou, dekat Shanghai.

Selain itu, untuk menyambut festival musim semi di bulan Februari, raksasa teknologi ini juga berencana untuk membuka tiga toko  baru lagi. Setidaknya, Apple berencana untuk mendirikan sekitar 40 toko di Tiongkok dalam dua tahun ke depan.

Menurut perusahaan maka Apple menargetkan kota-kota seperti Guizhou, Anhui, Hebei, Shandong, Tianjin, Shaxi sebagai pasar utama mereka.

Langkah ini terbilang sangat berani mengingat bahwa untuk pertama kalinya Apple store dibuka enam tahun yang lalu di Beijing.

Tak disangka respon konsumen untuk sebagian besar toko di Tiongkok cukup menjanjikan. Tentu saja terutama di daratan Tiongkok, Hong Kong dan Taiwan. Dari jumlah kunjungan maka dilaporkan ada lebih dari 25.000 pengunjung di Shanghai setiap harinya.

Boleh dibilang ini salah satu jurus jitu Apple untuk menghadapi persaingan ketat dari pesaing terberatnya saat ini Xiaomi yang dijuluki “Apple Tiongkok.”

 

Febe/Journalist/VMN/BL
Editor: Tania Tobing