Case Study II: Mama Leon Garment

CaseStudyii2

Background Mama Leon

o   Mama Leon adalah perusahaan garmen dengan brand yang  popular di Bali, berdiri tahun 1984 di Sanur Bali dan tetap bertumbuh semakin besar saat ini. Perusahaan ini didirikan 30 tahun yang lalu oleh seorang ibu bernama Karlina. Karlina awalnya memulai bisnis sebagai penjahit rumahan, yang hasil pekerjaannya dijual di sekitar Bali dan mendapatkan respons positif dari pasar. Wisatawan manca negara yang datang ke Bali menjadi pelanggan rutin  kebaya buatan tangannya.  Mama Leon, demikian Karlina menamakan perusahaannya yang mulai berkembang saat banyak permintaan dari mancanegara untuk baju kebaya khas Bali dalam jumlah besar.

o   Mama Leon berkembang menjadi perusahaan besar, dengan 1000 karyawan lebih yang memiliki klien perusahaan-perusahaan besar dan tingkat dunia untuk grosir pakaian wanita dan pria.

o   Pada saat krisis  tahun 1997, Mama Leon mengalami banyak penurunan pada bisnis garmen dan mengurangi jumlah karyawannya, juga unit bisnisnya.

o   Saat ini Mama Leon memiliki karyawan sebanyak 350 orang dan didukung oleh pengepul yaitu mereka yang bekerja di rumah, yang umumnya bekerja bersama keluarga dan  ada yang berkerja berdasarkan kelompok dengan pekerjaan utama mereka adalah menjahit .

o   Mama Leon akhirnya berkembang menjadi beberapa perusahaan untuk membedakan segmen konsumen yang akan dilayani. PT Fashion Hand Asia, merupakan salah satu anak perusahaan yang melayani konsumen dalam negeri untuk produk-produk yang berharga lebih murah dan memiliki toko retail di kota-kota besar di Indonesia. Sedangkan Mama Leon sendiri fokus dengan pelanggan manca negara yang tetap menyukai kehalusan karyanya yang konon lebih baik dari karya seni negara lain seperti Tiongkok, Thailand dan lainnya.

o   Mama Leon berkembang juga menjadi perusahaan yang beroperasi di bidang perhotelan yang menggarap pasar manca negara dengan nilai unggulan hotel dengan suasana keraton Bali di seluruh bangunannya.

Jika kita gambarkan dalam Business Model Tabel:

BusinessModel1

Fadjar Ari Dewanto /Managing Partner Vibiz Consulting Divisi Business Advisory/VMN/BL

Back to After Great Ideas

Banner