Mercedes Benz – The Best or Nothing

SpecialReportBL-Mercedez

(Business Lounge – Business Insight) Mercedes-Benz merupakan produsen mobil Jerman, sebuah divisi multinasional dari produsen Jerman Daimler AG. Merek yang digunakan untuk mobil mewah, bus, dan truk. Kantor utama Mercedes-Benz di Stuttgart, Baden-Württemberg, Jerman.

Nama ini pertama kali muncul pada tahun 1926 di bawah Daimler-Benz namun jejak asal-usulnya nama ini  mengacu pada Daimler-Motoren-Gesellschaft pada tahun 1901 dan Benz Patent Motorwagen dari Karl Benz pada tahun 1886, yang secara luas dianggap sebagai mobil pertama bertenaga bensin. Mercedes-Benz merupakan bagian dari mobil mewah “Jerman Big 3”, bersama dengan Audi dan BMW yang merupakan mobil mewah terbaik dan terlaris di dunia. Selain itu Mercedez-Benz merupakan salah satu merek mobil tertua yang masih ada hingga tahun ini.

The Best or Nothing

Sesuai dengan slogan Mercedes-Benz untuk menjadi yang terbaik maka Mercedes-Benz pun memperkenalkan banyak teknologi dan inovasi yang aman yang kemudian penggunaannya menjadi acuan banyak kendaraan.

Sejak awal, Mercedes-Benz telah mempertahankan reputasi untuk kualitas dan daya tahan. Namun mobil Jerman ini juga pernah mengalami penurunan reputasi pada akhir 1990-an dan awal 2000-an. Tetapi pada pertengahan tahun 2005, Mercedes kembali pada kualitas awalnya. Dalam Initial Quality Study JD Power untuk kuartal pertama 2007, Mercedes menunjukkan perbaikan dramatis dengan menduduki peringkat ke-5 yang semula ada di peringkat ke-25 serta mendapatkan beberapa penghargaan untuk model tersebut. Pada untuk tahun 2008, Mercedes-Benz menduduki peringkat keempat.

Sebuah studi 2014 iSeeCars.com untuk Reuters menemukan Mercedes memiliki tingkat kendaraan recall terendah. Setelah sebelumnya Mercedes-Benz mengambil bagian dalam beberapa kejuaraan dunia (1954, 1955, 1995, 1988, 1999, dan 2008) pada tahun 2014 Mercedes merebut gelar pembuat F1 setelah mendominasi sebagian besar pertandingan musim ini.

Namun pada tahun 2007, McLaren-Mercedes pernah didenda sebesar US $ 100 juta karena mencuri rahasia data teknis Ferrari. 

The car of the future

Mercedes Benz mengeluarkan seri F015 yang juga dapat menjadi mobil masa depan. Mobil yang tidak perlu dikemudikan ini telah memiliki ijin untuk aman dikendarai di negara bagian Nevada.

Konsep di balik New Merc adalah kemewahan Luxury in Motion, menurut konsep ini, mengapa perlu repot untuk mengemudi ketika teknologi yang ada di dalam mobil dapat melakukannya untuk Anda. Itu tidak berarti mobil tidak dapat digerakkan secara manual, tetapi berarti mobil benar-benar dapat diubah seperti cara duduk dan apa yang akan kita lakukan di dalam kendaraan. Digerakkan oleh campuran baterai berkinerja tinggi dan sel hidrogen, sistem hibrida F015 dapat menjelajahhingga hingga 1.100 km.

Seperti mobil buatan raksasa otomotif Jerman, F 015 juga memiliki struktur rangka yang menjanjikan perlindungan dan juga memberikan ruang yang cukup apabila hendak mengadakan meeting di dalam mobil. Mobil ini dapat dikemudikan baik melalui panel instrumen, juga sisi yang memungkinkan penumpang untuk memberikan instruksi pada mobil dengan menggunakan gerakan dan sentuhan. Oleh karena mobil ini tidak memerlukan keterlibatan aktif dari pengemudi, maka kursi yang terdapat pada mobil ini adalah kursi santai bukannya kursi bucket.

Jika Anda berpikir bahwa semua konsep ini impian belaka, maka Anda pasti terkejut bahwa prototipe pertama sudah berjalan di jalan-jalan di Las Vegas.

 

uthe/Journalist/VMN/BL
Editor: Ruth Berliana