Mengunjungi Guimarães – Portugal Lahir di Sini

(Business Lounge – Travel) Guimarães adalah sebuah kota di utara Portugis dengan penduduk lebih dari 52 ribu jiwa. Merupakan kota bersejarah yang memiliki peran penting dalam pembentukan Portugal sejak abad ke-9, namun pada saat itu kota ini disebut Vimaranes. Nama ini mungkin memiliki kaitan dengan nama prajurit Vímara Peres, yang berada di kota itu saat hendak menaklukkan Kerajaan Galicia.

Guimarães adalah salah satu dari kota-kota bersejarah yang paling penting di negeri ini. Sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO, membuatnya menjadi salah satu pusat wisata terbesar di kawasan ini.

Guimares 2 Guimares 3 Guimares 4 Guimares 5

Kota ini sering disebut sebagai “kelahiran kewarganegaraan Portugis” atau “kota cradle”. Hal ini mungkin juga karena kursi administrasi County Portugal didirikan di sana oleh Henry dari Burgundy, atau mungkin juga menjadi tempat kelahiran Afonso I dari Portugal, raja Portugis pertama atau karena peran sejarah kota di Battle yang São Mamede (24 Juni 1128), yang memiliki kepentingan besar dalam pembentukan Portugal dan berjuang di sekitar kota, Namun, karena kebutuhan Reconquista, pusat governative diubah menjadi Coimbra di 1129. The “Vimaranenses” juga disebut “Conquistadores” (the Conquerors) sehubungan dengan warisan sejarah dari penaklukan dimulai di Guimarães. Guimarães, bersama-sama dengan Maribor, Slovenia, adalah Ibukota Budaya Eropa pada tahun 2012.

Guimares 6 Guimares 7 Guimares 8 Guimares 9 Guimares 11 Guimares 12 Guimares 13 Guimares 14

Pada 1128, peristiwa politik dan militer utama yang akan mengarah pada kemandirian dan lahirnya negara baru terjadi di Guimarães. Untuk alasan ini, di salah satu menara tua tembok kota tua itu tertulis “Aqui nasceu Portugal” (Portugal lahir di sini).

Tidak ada salahnya untuk mencoba menilik kota ini.

uthe/Journalist/VMN/BL
Editor: Ruth Berliana
Courtesy of Jorge Silva