Cisco – TOMORROW starts here

SpecialReportBL-Cisco

(Business Lounge – Business Insight) Cisco Systems, Inc merupakan sebuah perusahaan multinasional Amerika yang berkantor pusat di San Jose, California. Perusahaan ini mendesain, memproduksi, dan menjual peralatan jaringan.

Cisco Systems didirikan pada Desember 1984 oleh Leonard Bosack. Namun saat itu bersama dengan Kirk Lougheed, ia terus bekerja di Stanford sambil membuat produk pertama Cisco yang merupakan replika dari Stanford “Blue Box” router. Hal inilah yang kemudian membawanya pada tuduhan pencurian perangkat lunak sehingga keduanya dipaksa untuk mengundurkan diri dan terus menjalankan Cisco.

Asal Nama Cisco

Nama “Cisco” berasal dari nama kota, San Francisco. Untuk beberapa saat huruf “c” pada nama cisco dituliskan dengan menggunakan huruf kecil dengan logo yang menggambarkan dua menara Golden Gate Bridge. 

Meskipun Cisco bukanlah perusahaan pertama yang mengembangkan dan menjual node jaringan khusus, namun ini adalah salah satu yang pertama sukses menjual router secara komersial mendukung beberapa protokol jaringan. Antara tahun 1992 dan 1994, Cisco mengakuisisi beberapa perusahaan di Ethernet switching, seperti Kalpana, Grand Junction, dan terutama, Mario Mazzola di Crescendo Communications yang bersama-sama membentuk unit bisnis Catalyst.

Bisnis Cisco 

Cisco pun terus mengembangkan perusahaan yang berfokus routing, switching, dan keamanan portofolio luas. Sepanjang pertengahan 2000-an, Cisco juga membangun bisnisnya secara signifikan di India. Namun, Cisco terus ditantang oleh kedua negeri Alcatel-Lucent, Juniper Networks, dan pesaing luar negeri Huawei.

Pada tanggal 24 Juli 2012, Cisco menerima persetujuan dari Uni Eropa untuk memperoleh NDS (pengembang perangkat lunak TV) untuk USD 5 miliar. Cisco pun dengan strateginya mundur dari hardware rumah tangga seperti Linksys dan Flip ke pasar cloud dan perangkat lunak.

Internet Segalanya
Cisco meluncurkan kampanye global pertama re-branding untuk pertama kalinya dalam enam tahun dengan “TOMORROW starts here” dan “Internet of Everything”. Upaya ini dirancang untuk Cisco pada sepuluh tahun ke depan menjadi pemimpin global dalam menghubungkan apa yang sebelumnya tidak terhubung dan memfasilitasi IP konektivitas alamat orang, data, proses dan hal-hal melalui aplikasi dan layanan komputasi awan.

Media dan penghargaan

Produk Cisco, terutama telepon IP dan Telepresence, sering terlihat di film dan serial TV. Perusahaan itu sendiri dan sejarahnya ditampilkan dalam Sesuatu film dokumenter Berkelana yang perdana pada tahun 2011.

 

uthe/Journalist/VMN/BL
Editor: Ruth Berliana