Sebagian Amerika Serikat Membeku

(Business Lounge – News & Insight)-Cuaca ektrem melanda Amerika Serikat. Seperti tampak pada foto diatas, Danau Michigan menjadi beku sebagian di Chicago, Amerika Serikat. Tak hanya itu, perubahan cuaca dingin yang terjadi secara tiba-tiba membekukan sebagian besar daerah timur Amerika Serikat. Bahkan suhu anjlok hingga di bawah nol derajat di daerah Midwest pada Senin, 5 Januari 2015.

Pemerintah dan aparat setempat memberikan perhatian khusus untuk kondisi ini sebab iklim yang sangat dingin ini dapat membahayakan keselamatan puluhan juta warga Negeri Paman Sam.

Seperti dilansir CNN, “Sekitar 50 juta orang di 24 negara bagian akan merasakan cuaca dingin ekstrem dalam beberapa hari ke depan,” sebut ahli meteorologi Karen Maginnis, pada Minggu, 4 Januari 2015. Lebih lanjut lagi Karen mengatakan, “Angin dingin Arktika ini berpotensi menimbulkan bahaya. Temperatur di Minnesota dan Dakota bahkan mencapai minus 45 derajat Celcius, dan situasinya bisa semakin memburuk pada Selasa besok.”

Diperkirakan massa udara Arktika yang sudah berada di utara dan pusat AS akan meluas ke tenggara, yang berimbas pada turunnya temperatur mulai dari Mississippi Valley hingga East Coast

Badan Cuaca Nasional Amerika Serikat memprediksi hujan lebat dan tumpukan salju di wilayah barat laut, dan hujan salju di kawasan utara Plains hingga Mid-Atlantic.

Untuk itu semua pihak turut membantu berikan peringatan cuaca ekstrem. Hal ini sudah diberlakukan di Wisconsin, Minnesota dan sebagian North Dakota serta Illinois.

Warga Amerika diminta selalu waspada dan berjaga-jaga. Setidaknya, beberapa kota lain yang akan dilanda cuaca buruk adalah New York, Washington, New England, Idaho, Montana, Wyoming dan Utah.

 

Febe/Journalist/VMN/BL
Editor: Tania Tobing
Image: Antara