Menambah Produktivitas Dengan Exercise

(Business Lounge – Empower People) – Keberhasilan Anda di dunia kerja, tidak lepas daripada produktivitas yang Anda lakukan. Semakin Anda produktif di dalam bekerja, maka pekerjaan Anda akan semakin terlihat membawa hasil yang baik. Namun, produktivitas tentu tidak datang begitu saja. Banyak hal yang harus dilakukan agar Anda menjadi seseorang yang produktif. Dengan kata lain, untuk menjadi produktif selain memiliki niat harus juga ada usaha. Namun, usaha apa yang bisa dilakukan untuk menambah produktivitas Anda? Percaya atau tidak, jawabannya adalah EXERCISE!

Percaya atau tidak, para peneliti yakin bahwa dengan exercise maka kita akan merasa dapat menyelesaikan pekerjaan. Dan hal ini, tentu merupakan hal yang kita inginkan ketika kita menemukan hal yang sulit di dalam pekerjaan.

Sekarang, mengetahui bahwa exercise begitu penting bagi produktivitas, namun hal itu perlu menjadi kebiasaan sehari-hari. Jangan hari ini melakukan exercise, berikutnya tidak pernah lagi, dan jangan juga melakukannya sesuai dengan mood saja. Mau tahu lebih dalam manfaat exercise bagi Anda? Dan mengapa dikatakan meningkatkan produktivitas? Beberapa alasan ini bisa menjawabnya :

Exercise membuat kita lebih produktif dan mengurangi stress

Pada intinya, exercise itu memberikan benefit bagi setiap orang, termasuk membuat menjadi lebih produktif dan mengurangi stress. Menurut Co.Labs Associate Editor John Paul Titlow, dia merasakan manfaatnya kepada mood, kejernihan mental, dan juga produktivitasnya bukan hanya satu kali setelah dia melakukan exercise dengan berlari, melainkan sepanjang minggu. Dia membandingkan berlari dengan menekan tombol “reset” pada otaknya, dan dia yakin hal itu bisa menghilangkan stress dan membuatnya menjadi lebih fokus.

Banyak cara melakukan exercise, terutama dengan olahraga, yaitu dengan cara berlari, berenang, dan juga lainnya. Dengan rajin melakukan exercise, biasanya hal tersebut memang mengurangi stress dan juga tentu membuat menjadi lebih fokus, karena selama exercise biasanya akan melakukan gerakan yang teratur.

Exercise itu menyenangkan, tapi mulailah dari yang kecil dulu dan jangan langsung memasang target yang terlalu tinggi

Ketika kita mau untuk mulai menjadi produktif dengan cara exercise, itu adalah upaya yang baik. Bisa jadi, di awalnya karena begitu semangat maka menetapkan target yang tinggi ketika melakukan exercise. Namun, janganlah memasang target yang terlalu tinggi di awal, melainkan mulailah dengan target yang biasa atau semampunya dulu, namun lakukan dengan konsisten. Lama-kelamaan hal tersebut akan menjadi kebiasaan Anda, dan akan berpengaruh terhadap produktivitas Anda dalam pekerjaan. Dampak yang luar biasa, bukan?

Bisa membuat kita jadi disiplin waktu dengan memasukkan exercise dalam to-do-list kita

Salah satu cara untuk membuat kita menjadi karyawan yang lebih baik adalah membuat to-do-list. Dan, mulai sekarang biasakanlah dengan memasukkan exercise di dalam to-do-list Anda. Dengan memasukkan exercise sebagai salah satu daftar harian kita, itu membantu kita juga menjadi lebih disiplin dan teratur di dalam hidup sehingga kita terbiasa untuk mengatur waktu kita dengan baik. Dengan kita terbiasa mengatur waktu dengan baik, maka produktivitas kita akan lebih baik, karena kita akan terbiasa disiplin dan menyelesaikan segala sesuatunya dengan tepat waktu.

Exercise memberikan motivasi yang baik bagi kita

Setiap orang pasti butuh motivasi untuk dirinya. Percaya atau tidak, dengan kita melakukan exercise, terkadang hal tersebut memberikan motivasi bagi kita. Alasan yang paling mudah untuk dikatakan adalah, setelah tubuh kita menjadi segar setelah exercise, maka kita juga pasti akan termotivasi untuk melakukan dan menyelesaikan tugas kita. Selain itu, dengan tubuh kita terbiasa bergerak dengan exercise, maka kita pasti akan lebih cekatan dan juga lebih bersemangat mengerjakan sesuatunya.

Zefanya Jodie/Head of Vibiz Learning Centre Vibiz Consulting/VMN/BL