Promosi Melalui Email Marketing

(Buiness Lounge – Marketing) – Apa itu email marketing ?
Email Marketing adalah proses mengirim email yang dilakukan untuk mempromosikan produk atau jasa sebuah perusahaan atau perorangan.

Keuntungan email marketing
1. Hemat biaya
Ketimbang menggunakan media konvensional seperti iklan di billboard, surat kabar, televisi ataupun radio tentu menggunakan teknik email marketing jauh lebih murah. Tidak hanya perusahaan-perusahaan besar, perusahaan kecil atau perorangan pun dapat menjangkau pasar global tanpa biaya tambahan.

2. Jangkauan luas
Anda dapat menjangkau siapa saja dan dimana saja asalkan memiliki kontak email mereka. Email selalu dapat menjangkau siapapun dengan mudah asalkan terkoneksi dengan internet.

3. Cepat
Tidak perlu waktu lama untuk mengirimkan penawaran Anda. Dalam hitungan detik setelah Anda mengklik ‘Send’ maka email Anda akan langsung sampai ke calon pembeli atau pelanggan Anda.

4. Target lebih spesifik
Ketika mengirim email, sebaiknya Anda tidak asal mengirim email. Namun Anda telah mengetahui kepada siapa Anda mengirim email sehingga email Anda tidak terbuang sia-sia, tapi memang merupakan sesuatu yang dibutuhkan oleh penerima email.

Email marketing yang bersifat pribadi atau personal biasanya akan mendapat perhatian lebih besar dari para calon pembeli atau pelanggan.

5. Membangun relationships
Dengan memberikan email newsletter yang menarik dan bermanfaat secara berkala, sesungguhnya Anda telah membangun sebuah hubungan yang baik dengan calon pembeli dan pelanggan Anda. Mereka akan semakin loyal dengan perusahaan Anda, dan tentunya akan lebih mudah untuk menawarkan produk-produk lain kepada mereka.

Cara melakukan email marketing :
1. Siapkan Autoresponder.
Autoresponder adalah sebuah aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk melakukan dan mengelola kegiatan email marketing. Untuk aplikasi yang gratisan Anda bisa mencobanya di www.listwire.com atau yang berbayar ada di www.aweber.com atau www.getresponse.com.

Cara kerja dari aplikasi Autorespoder diatas semuanya hampir sama. Aplikasi ini akan membantu Anda untuk menyediakan form registrasi, mengirim email ke calon pembeli atau pelanggan, mengelola daftar email, dsb.

2. Siapkan landing page
Landing page adalah tempat menaruh formulir registrasi Autoresponder. Buatlah landing page semenarik mungkin, sehingga orang mau untuk mengisi data-data mereka ke mesin Autoresponder Anda.

3. Agar seseorang mau mengisi data-data mereka seperti email, no telp dan alamat ke mesin Autoresponder, Anda harus memberikan hadiah atau gimick-gimick menarik kepada mereka. Tidak perlu mahal, asalkan diberi hadiah tentu mereka akan dengan senang hati memberikan data-data mereka. Hadiah yang dapat Anda berikan bisa berupa e-book, voucher belanja, dsb

Masih efektif kah strategi email marketing saat ini
Sejauh ini menggunakan strategi email marketing masih cukup efektif, asalkan Anda melakukannya dengan benar dan tidak asal-asalan. Artinya Anda telah menyiapkan segala sesuatu yang mendukung kampanye email marketing Anda. Misalkan dengan menyiapkan konten sales letter, landing page, dan gimmick yang menarik.

Anda siap untuk menggunakan strategi ini, silahkan dicoba.

Lidia WulanLidia Wulan/Head of Vibiz Internet Marketing Academy/VMN/BL

Editor: Lidia Wulan