Dusun Bambu Lembang: “Human Without Nature is Like a Fish in the Desert”

(Business Lounge – Travel) Siang itu cuaca di Lembang kurang bersahabat tetapi tentu saja tidak menyurutkan niat kami untuk mengunjungi Dusun Bambu di Lembang yang memperkenalkan dirinya dengan mengibaratkan bahwa manusia tanpa alam bagaikan ikan di padang gurun. Setuju! Hidup tidak akan balance bila sepanjang hidup hanya bertemu dengan gedung tinggi, kemacetan, polusi, dan segala hingar bingar perkotaan. Karena itu mengunjungi Dusun Bambu Lembang akan menjadi pilihan yang sangat menarik.

Dusun Bambu 1

Dengan membayar tiket masuk 10,000 per orang sebuah trem wara wiri nan warna-warni sudah menunggu para pengunjung untuk membawa Anda berkeliling.

Dusun Bambu 2

Dusun Bambu 3

Tempat pertama yang dapat Anda kunjungi adalah Market Khatulistiwa, sebuah tempat makan yang di dalamnya Anda dapat memilih berbagai makanan tradisional. Dengan membeli kupon maka Anda dapat menukarkannya dengan semangkuk atau sepiring makanan sesuai dengan pilihan Anda.

Tidak hanya itu, Anda dapat menemukan berbagai penganan kecil dan cemilan pada lantai 1, seperti berbagai keripik, arum manis, berbagai kacang, dan aneka cemilan lainnya.Dusun Bambu 19

Dusun Bambu 7Dusun Bambu 13Dusun Bambu 22 Dusun Bambu 21

Tempat ini didesain menarik, sesuai dengan nuansa tradisional. Dekorasi yang terbuat dari rotan seakan menjadi piringan-piringan terbang yang melayang di langit-langit bangunan dua lantai tersebut.

Dusun Bambu 20

Dusun Bambu 16

Berbagai Makanan Tradisional

Di sini Anda dapat memuaskan keinginan culinary Anda dengan menikmati Batagor, Sagurangi, Soto Bandung, Mie Kocok, Bakwan, Kue Pancong, sampai Kue Ape’. Belum lagi wedang ronde, wedang jahe, sekoteng, dan beberapa minuman tradisional lainnya.

Dusun Bambu 6

Dusun Bambu 5

Dusun Bambu 4

Lutung Kasarung

Tempat makan Lutung Kasarung juga bagian dari Dusun Bambu. Sangat unik sebab ruang makannya terbuat dari bangunan-bangunan tunggal berbentuk telur yang berdiri di atas cagak yang menopang si ruangan telur dengan kokoh. Sementara ranting-ranting dan kayu kering mendekorasi bagian luar ruangan. Setiap telur terdiri dari satu meja makan dengan beberapa sofa. Wah, Anda tidak akan melupakan pengalaman makan di dalam ruangan “telur” yang berada di kanan dan kiri sebuah jembatan yang membentang di alam Dusun Bambu dan menawan. Rintik hujan pun tidak lagi menjadi gangguan ketika manusia telah menyatu dengan alam.

Dusun Bambu 14 Dusun Bambu 9

Dusun Bambu 8Dusun Bambu 10

Purbasari

Satu lagi yang sayang untuk dilewatkan, menyaksikan danau Purbasari yang dikelilingi beberapa rumah panggung yang merupakan tempat makan juga. Dari setiap rumah, Anda dapat menaiki sampan dan mengelilingi danau. Atau duduk-duduk menikmati santapan Anda sambil menikmati pemandangan danau ditemani semilirnya angin Lembang.

Dusun Bambu 11

Dusun Bambu 12

Tidak ada salahnya menikmati liburan Anda di Dusun Bambu sambil menikmati alam Lembang.

uthe/Journalist/VMN/BL
Editor: Ruth Berliana
Image: Ferdie Raff