Alasan Facebook Tidak Mau Pasang Tombol DISLIKE

(Business Lounge – Business Insight) – Sebagai pengguna Facebook, pernahkan Anda berpikir mengapa di setiap postingan yang Anda lihat hanya ada tombol Like atau Suka. Tidak ada tombol Dislike atau tombol lain yang dapat mengungkapkan ketidaksukaan terhadap setiap posting yang ada di Facebook.

Ya, baru-baru ini dalam acara tanya jawab di kantor pusat Menlo Park, CEO Facebook Mark Zuckerberg mengungkapkan bahwa Facebook sedang mempertimbangkan bagaimana cara agar pengguna Facebook dapat mengungkapkan perasaan mereka selain menggunakan tombol Like.

“Kami sedang berpikir tentang hal itu,” kata Zuckerberg ketika ditanya apakah jaringan sosial akan menambahkan tombol dislike yang sudah diminta sejak lama.

Zuc menjelaskan bahwa tombol tersebut kemungkinan besar bukanlah tombol “Dislike”. “Setiap orang merasa mereka hanya bisa menekan tombol Like, dan itu merupakan cara penting untuk bersimpati dengan seseorang”, kata Zuckerberg kepada audience. Tapi ada kalanya ketika Anda mungkin ingin memberikan respon dengan satu kali klik yang ada hanya tombol Like, dan sepertinya hal itu tidak tepat, dia menambahkan.

Perlu dipikirkan lagi apakah dengan menambahkan tombol selain Like, hal itu akan memberi kebaikan bagi setiap pengguna di Facebook, ataukah tombol tersebut malah akan menjadi ajang saling menjatuhkan atau menghina.

Facebook sendiri sebelumnya telah mendapatkan berbagai kecaman penggunanya berkaitan dengan masalah kebijakan nama yang mengharuskan setiap pengguna Facebook untuk mengidentifikasi diri mereka dengan nama yang sebenarnya. Menurut Zuck hal ini merupakan salah satu cara untuk membangun komunitas yang aman di Facebook, seperti dilansir dari mashable.com.

W.Lubis/Journalist/VMN/BL
Editor: Lidia Wulan
Image: Flickr/Sean MacEntee