2014: Trend Marketing Online Tahun Ini

(Business Lounge – Business Insight) Perkembangan business online tahun ini tidak dapat diabaikan. Berbagai perkembangan yang pesat patut untuk kita cermati. Sebelum meninggalkan tahun ini, berikut ulasan dari businesslounge.co mengenai tren pemasaran online yang telah mendominasi sepanjang tahun 2014 :

1. Content Marketing
Content marketing masih merupakan ‘raja’ dalam perkancahan bisnis online. Content marketing ini nantinya dapat disesuaikan dengan media yang akan digunakan. Apakah akan dibuat dalam bentuk newsletter, artikel, video atau yang sekarang sedang marak dibuat dalam bentuk infographic.

Content marketing merupakan salah satu jalan yang akan menjembatani antara pebisnis online dengan calon prospek melalui email, blog/website, social media, Youtube dan media lainnya.

2. Infographic
Infographic merupakan salah satu cara yang banyak digunakan oleh para internet marketer untuk berpromosi tahun ini. Mereka menggunakan konten yang terkonsentrasi pada gambar untuk memikat para prospek. Infographic berperan penting dalam pemasaran online untuk meningkatkan traffic dan membuat link.

Memposting gambar pada blog atau sosial media merupakan cara meningkatkan pengunjung ke website atau blog.

3. Social Media Marketing
Sosial Media merupakan sarana yang dapat digunakan untuk berpromosi secara efektif. Pebisnis online dapat memilih apakah dia akan mempromosikan produknya secara gratis atau menggunakan layanan iklan berbayar. Pilihan tersebut dapat disesuaikan dengan budget dan efektifitas perusahaan.

Tidak hanya Facebook dan Twitter, social media lain seperti Google Plus, Linkedin, Instagram dan Path juga merupakan pilihan yang cukup efektif untuk digunakan dalam berpromosi.

4. Video Marketing
Memanfaatkan video untuk berpromosi merupakan langkah yang sangat baik. Kebanyakan orang lebih suka menonton video ketimbang membaca teks yang begitu panjang. Untuk mempromosikan produk Anda, mulailah membuat video dan mengupload nya di situs seperti Youtube atau Slideshare.

5. Mobile Marketing
Saat ini pengguna internet telah banyak beralih ke dunia smartphone dan tablet. Kalau di tahun-tahun sebelumnya pengguna internet cenderung menggunakan komputer PC, laptop ataupun netbook untuk berinternet ria, kini mereka telah beralih ke perangkat yang lebih ringkas dan mudah digunakan.

Oleh karene itu, sebagai pebisnis online kita harus menyesuaikan promosi kita dengan dengan membuat desain yang responsif dan dapat tampil menyesuaikan layar perangkat yang digunakan oleh calon prospek.

6. SEO dan SEM
Apa bedanya antara Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM) ?
Secara singkat dapat dijelaskan bahwa kedua hal ini memiliki tujuan yang sama, yaitu teknik yang digunakan untuk mempromosikan produk yang akan kita jual. Bedanya adalah untuk SEO kita memilih menggunakan teknik gratisan, sementara untuk SEM kita memilih menggunakan teknik iklan berbayar. Keduanya sama-sama baik, tergantung target yang akan kita capai dan disesuikan dengan budget yang kita miliki.

Demikian tren marketing online yang dapat kami rangkum sepanjang tahun ini, selamat berbisnis online!

Lidia Wulan/Head of Vibiz Internet Marketing Academy/VMN/BL
Editor: Lidia Wulan