[divider]#2 : Series of The Year in Pictures 2014[/divider]

Korea Utara : Menjadi Perhatian Dunia

Ketegangan antara Korea Selatan dan Korea Utara sepertinya memanas. Dikabarkan, Korea Selatan dan Korea Utara saling melepaskan tembakan di lokasi perbatasan maritim yang menjadi sengketa.
Pada hari Senin pagi, tepatnya pada tanggal 31 Maret 2014, Korea Utara sebelumnya umumkan bahwa mereka akan lakukan uji coba tembakan di tujuh titik perbatasan.
Dari pihak Korea Selatan, mereka katakan bahwa akan melakukan balasan dikarenakan tembakan dari Korea Utara memasuki wilayah laut mereka.

Seperti yang dilansir dari AFP, sejumlah tembakan yang dilepaskan oleh Korea Utara jatuh di wilayah Korea Selatan dan mengakibatkan Korea Selatan merespon dengan tembakan. Dan dalam beberapa waktu, kedua pihak akhirnya menembak ke laut.

Wilayah ini memang telah menjadi sengketa antara Korut dan Korsel. Pada akhir tahun 2010, empat warga Korsel tewas di sebuah pulau perbatasan karena tembakan artileri dari Korea Utara. Dan sebelumnya juga, 46 orang tewas karena tenggelamnya kapal perang Korsel di dekat daerah perbatasan yang disengketakan.


Kim Jong Un, Pyongyang : Kepala negara Korea Utara Kim Jong Un (tengah) berdiri di tengah salju saat meninjau KPA Unit 1313 dengan gelar kehormatan O Jung Hup-memimpin Resimen Ke7 dalam foto tanpa tanggal yang disiarkan oleh Kantor Pusat Berita Korea Utara (KCNA) di Pyongyang, Jumat (5/12). ANTARA FOTO/REUTERS/KCNA.

[toggler title=”Lihat Gambar Selanjutnya >>>>” ]


Ketegangan Korea Utara – Selatan, Pohang, Korea Selatan : Kendaraan tempur amfibi Korps Marinir Korea Selatan melemparkan bom asap saat mereka bergerak menuju daratan saat simulasi operasi pendaratan gabungan AS-Korea Selatan di Pohang, Korea Selatan, Senin (31/3). Simulasi itu merupakan bagian dari latihan militer tahunan kedua negara yang disebut “Foal Eagle” atau Anak Elang, yang dimulai pada 24 Februari lalu dan berlangsung hingga 18 April mendatang. Korea Utara mengumumkan peringatan larangan berlayar Senin kemarin di daerah-daerah di lepas pantai baratnya di dekat perbatasan dengan Korea Selatan yang disengketakan dan telah memberi tahu Korea Selatan bahwa mereka akan menjalankan simulasi penembakkan, kata pejabat pemerintah Korea Selatan. Peringatan ini datang di tengah meningkatnya ketegangan terhadap Korea Utara setelah Dewan Keamanan mengecam Pyongyang atas peluncuran rudal jarak sedangnya pekan lalu, di saat para kepala negara Korea Selatan, Jepang, dan Amerika Serikat bertemu untuk membicarakan program senjata Korea Utara. ANTARA FOTO/REUTERS/Kim Hong-Ji.

North Korean leader Kim Jong Un looks through a periscope of a submarine during his inspection of the KPA Naval Unit 167
Inspeksi Kapal Selam Korut : Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un melihat melalui periskop kapal selam saat melakukan inspeksi ke Unit Angkatan Laut 167 Tentara Rakyat Korea (KPA) dalam foto tak bertanggal yang dirilis Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) di Pyongyang, Korea Utara, Senin (16/6). ANTARA FOTO/REUTERS/KCNA.

Tentara Wanita – Korea Utara : Tentara wanita Korea Utara menggunakan telepon seluler di sebelah penjagaan tepi sungai Yalu, dekat kota Kora Utara Sinuju, diseberang kota perbatasan Tiongkok, Dandong, Minggu (1/6). ANTARA FOTO/REUTERS/Jacky Chen.


Menentang Imperialisme AS, Korea Utara : Masyarakat menghadiri aksi masal menentang “Imperialisme AS” di lapangan Kim Il Sung di Pyongyang dalam foto tanpa tanggal yang dirilis oleh Lembaga Berita Pusat Korea Utara (KCNA), Rabu (25/6). ANTARA FOTO/REUTERS/KCNA

A North Korean soldier looks toward South Korean side during 61st anniversary of the signing of the Korean War ceasefire armistice agreement at Panmunjom
Peringatan 61 Tahun Genjatan Senjata Perang Korea : Seorang tentara Korea Utara memantau sisi Korea Selatan menggunakan teropong sementara rekannya membuka pintu saat upacara memperingati 61 tahun ditandatanganinya kesepakatan gencatan senjata Perang Korea di bagian selatan desa Panmunjom, Korea Selatan, Minggu (27/7). ANTARA FOTO/REUTERS/Km Hong-Ji.


Tentara Membangun Pabrik Textil, Korea Utara : Tentara KPA Unit 966, 462, 101, 489, yang akan membangun hostel pekerja Pabrik Tekstil Kim Jong Suk Pyongyang, bertepuk tangan saat sesi foto bersama dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dalam foto tanpa tanggal yang dirilis Lembaga Berita Pusat Korea Utara (KCNA) di Pyongyang, Selasa (6/5). ANTARA FOTO/REUTERS/KCNA.

[/toggler]

kn/KN/VMN/bl

[button color=”pink” size=”normal” alignment=”none” rel=”follow” openin=”newwindow” url=”http://businesslounge.co.id/category/news/pictures-of-the-week/”]See All Series of 2014 : The Year in Pictures[/button]

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.