Rangkaian Kunjungan Presiden Jokowi ke Korea Selatan

(News & Insight) Presiden Jokowi sedang berada di Korea Selatan untuk menghadiri perayaan hubungan ASEAN – Korea Selatan, demikian pernyataan resmi yang dimuat pada situs resmi Sekretariat Kabinet RI.

Bertemu Para Investor

Namun tidak hanya itu, Presiden Jokowi juga berkesempatan untuk bertemu dengan para pengusaha Korea pada hari pertama kunjungannya ke Busan, Korea Selatan (Korsel). Dalam kesempatan ini, para pengusaha Korsel menyatakan minatnya untuk terus berinvestasi di Indonesia namun demikian. Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi menghimbau untuk para pengusaha tidak hanya berinvestasi di Pulau Jawa saja sehingga pertumbuhan ekonomi pun dapat tumbuh merata di seluruh tanah air.

“Mereka sangat berminat dengan Indonesia. Sangat ingin masuk ke Indonesia di bidang industri, di bidang power plant (pembangkit listrik), terutama kimia, termasuk pembangunan pabrik pupuk,” demikian kembali dikatakan Presiden Jokowi  di Hotel Haeundae Grand, Busan, Korea Selatan pada Rabu (10/12) malam seusai bertemu dengan para pengusaha Korsel.

Beberapa pengusaha Korea Selatan yang bertemu dengan Presiden Jokowi pada Rabu (10/12) malam itu adalah CEO Posco, Kwon Ohjoon yang ditemani Wakil Presiden Senior Posco, Chang In Hwan, serta Presiden Daewo Logistic, AN Yongnam.

Para pemilik usaha tersebut dikatakan telah menangkap rencana pemerintah Indonesia yang sedang berupaya untuk memperbaiki atmosfer investasi di tanah air, terutama pada sektor industri. “Kita memang membutuhkan investasi pada sektor industri kimia dan industri baja,” demikian dikatakan Presiden Jokowi seperti dimuat pada situs resmi Sekretariat Kabinet RI.

“Jangan hanya investasi di Jawa, tetapi juga didorong ke bagian Indonesia lainnya seperti, Kalimantan, Sulawesi, Sumatera itu yang akan kita lakukan. Namun yang paling penting adalah persepsi ramah investasi,” demikian pinta Jokowi.

Saat bertemu dengan para pengusaha Korsel itu, Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil, dan Duta Besar RI untuk Korea Selatan John A Prasetyo.

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Widodo berkunjung ke Busan, Korsel, pada 10-12 Desember 2014 guna menghadiri perayaan hubungan ASEAN – Korea Selatan, dan melakukan serangkaian pertemuan bilateral.

Bertemu Presiden Korea Selatan Park Geun Hye

Pada hari kedua kunjungan Presiden Jokowi ke Busan, presiden juga melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Korea Selatan Park Geun Hye yang diadakan di salah satu ruangan di Exhibition Center, Bexco, Busan, Kamis (11/12). Presiden Jokowi menyampaikan apresiasinya terhadap hubungan bilateral yang baik antara Indonesia-Korsel selama ini. Presiden Jokowi pun menyarankan agar ada pertemuan antar menteri luar negeri untuk melanjutkan hubungan yang lebih baik.

Dalam sambutannya, Presiden Korsel Park Geun Hye juga mengatakan bahwa Indonesia adalah mitra perdagangan yang penting dan strategis bagi Korea Selatan. Park juga menyinggung bahwa beberapa waktu yang lalu Jokowi pernah berkunjung ke Korsel namun sebagai wali kota Solo. Tetapi sekarang, Jokowi datang sebagai presiden.

uthe/Journalist/VMN/BL
Editor: Ruth Berliana
Image: Antara