Monaco Sambut Penerus Tahta Pangeran Albert II

(News & Insight) Monaco menyambut hadirnya pewaris tahta kerajaan pada Rabu (10/12). Jacques Honore Rainier bayi laki-laki dari Pangeran Albert II, putra mahkota Kerajaan Monaco dan isterinya Charlene yang menikah tiga tahun yang lalu. Uniknya Jacques lahir dua menit setelah saudari kembarnya, Gabriella Therese Marie lahir terlebih dahulu.

Ya, Pangeran Albert II dari Monaco dan istrinya Putri Charlene dari Afrika Selatan dikaruniai bayi kembar. Namun sesuai dengan tradisi maka anak pertama laki-lakilah yang akan menjadi pewaris tahta Kerajaan Monaco.

Monaco pun menyambut kelahiran sang putra mahkota dengan menembakkan meriam sebanyak 42 kali (21 kali untuk setiap anak) dari sebuah benteng tua yang menghadap ke laut dan membunyikan lonceng gereja selama 15 menit serta membunyikan klakson kapal.

Istana mengatakan dalam sebuah pernyataan, bahwa bayi kembar yang baru lahir dan ibu mereka “baik-baik”.

Jenis kelamin si kembar telah dirahasiakan selama kehamilan Charlene, bahkan dari ayah mereka yang ingin menjadi terkejut pada saat kelahiran. Pangeran Albert II lahir dari superstar Hollywood, Grace Kelly sudah memberikan pernyataan sebelumnya bahwa si kembar laki-laki dan perempuan, itu akan menjadi anak yang akan menggantikannya.

Sesuai tradisi, pengumuman kelahiran resmi yang ditandatangani oleh Albert, akan dipasang di pintu masuk ke istana dan masyarakat akan diundang untuk menandatangani buku ucapan selamat.

Albert, yang pernah dianggap sebagai salah satu bujangan paling memenuhi syarat di dunia, telah menggantikan ayahnya Pangeran Rainier pada tahun 2005. Ia sudah memiliki seorang putri, Jazmin, 22, dan seorang putra Alexandre Coste, 11, namun keduanya tidak memiliki klaim gelar kebangsawanan atau bukanlah pewaris tahta Kerajaan Monaco disebabkan keduanya lahir di luar pernikahan. Namun mereka memiliki hak hukum untuk bagian dari kekayaan pribadi yang besar itu, diperkirakan oleh majalah Forbes melebihi US $ 1 miliar.

Putri Charlene yang kini berusia 36, mantan perenang Olimpiade kelahiran Zimbabwe, menikah dengan Pangeran Albert yang kini berusia 56 tahun pada tahun 2011.

Putra Mahkota Jacques akan menerima gelar Marquis of Baux, sedangkan adiknya, pewaris tahta kerajaan kedua, akan memiliki gelar Countess of Carlades.

uthe/Journalist/VMN/BL
Editor: Ruth Berliana
Image: Antara