Amazon.com – from a to z

SpecialReportBL-Amazon

Amazon.com merupakan sebuah perusahaan perdagangan elektronik Amerika yang bekantor pusat di Seattle, Washington dan merupakan perusahaan berbasis internet yang terbesar di Amerika Serikat. Pada awalnya, Amazon.com adalah sebagai toko buku online, tetapi kemudian menambah produknya dengan menjual DVD, VHSs, CD, video, dan jasa download/streaming mp3. Tetapi kemudian tidak sampai di situ saja, produknya terus bertambah dengan software, video game, elektronik, pakaian, furnitur, makanan, mainan, dan perhiasan. Perusahaan juga memproduksi elektronik-terutama untuk pembaca e-book, tablet Kindle Fire, Fire TV, dan Fire Telepon, dan merupakan penyedia utama layanan komputasi awan.

Sejarah Amazon.com

Amazon.com didirikan oleh Jeff Bezos pada tahun 1994 dengan nama Cadabra. Namun demikian bagi Bezos, ia cukup terlambat untuk ikut mengambil bagian dalam ledakan bisnis internet. Pada tahun 1995, ketika ia merasa nama Cadabra agak sedikit ‘aneh’ maka perusahaan yang dibangunnya itu pun berganti nama menjadi Amazon.com. Dipilih berawalan huruf ‘A’ supaya nama Amazon.com selalu berada di bagian atas setiap daftar perusahaan. Selain itu, Bezos berpendapat bahwa Amazon adalah tempat yang “eksotis dan berbeda” seperti yang direncanakan untuk masa depan tokonya kemudian.

Selain itu Sungai Amazon, tercatat sebagai sungai “terbesar” di dunia sehingga ia berharap Amazon.com juga menjadi toko yang terbesar di dunia.

Setelah membaca laporan tentang masa depan Internet yang memproyeksikan pertumbuhan Web perdagangan tahunan 2.300%, Bezos kemudian lima produk yang paling menjanjikan yaitu, compact disc, perangkat keras komputer, perangkat lunak komputer, video, dan buku. Bezos akhirnya memutuskan bahwa bisnis barunya akan menjual buku secara online, karena permintaan di seluruh dunia yang besar untuk sastra, poin harga rendah untuk buku, bersama dengan sejumlah besar judul yang tersedia di cetak. Amazon pada awalnya didirikan di garasi Bezos ‘di Bellevue, Washington. 

Sejak tahun 2000, logo Amazon telah menampilkan panah melengkung terkemuka dari A sampai Z, mewakili bahwa mereka membawa setiap produk dari A sampai Z, dengan panah berbentuk seperti tersenyum. 

Amazon Ramah Lingkungan

Belanja online pada dasarnya lebih ramah lingkungan dibandingkan pasar tradisional. Efisiensi belanja online menghasilkan pengalaman belanja lebih hijau dari ritel tradisional. Studi ini menjelaskan beberapa manfaat dari model belanja online. Karena itu Amazon.com mendukung ramah lingkungan. Berikut beberapa hal yang dilakukan Amazon.com

Amazon Frustration-Free Packaging Certification

Ini merupakan sertifikasi yang diberikan kepada kemasan yang mudah dibuka dan dapat didaur ulang. Untuk itu, produsen dapat mengirimkan produk kemasan mereka ke laboratorium untuk dianalisa secara gratis dan mendapatkan umpan balik tentang bagaimana kemasan mereka dapat menjadi Certified Frustrasi Free. Sejak diluncurkan, program ini telah disertifikasi lebih dari 200.000 item secara global dari lebih dari 2.000 merek terkemuka dan produsen termasuk Mattel, Logitech, Fisher-Price, Victorinox Swiss Army, Garmin dan Generasi Ketujuh, serta merek Amazon Kindle, dan seperti AmazonBasics.

 Environmentally Friendly Packaging

Kemasan dari produk Amazon.com yang 100% dapat didaur ulang untuk digunakan dalam pembuatan produk kertas lainnya. Begitu juga dengan bantal berisi udara yang kadang-kadang digunakan untuk melindungi barang-barang dalam pengiriman Amazon dapat didaur ulang 100% dan tidak beracun. Jika pelanggan tidak dapat menggunakan kembali atau mendaur ulang bantal ini, mereka dapat kempeskan dan dibuang. Bantal udara kempes mengambil kurang dari 1% dari volume meningkat mereka. Selain itu para pelanggan dapat mengisi Packaging Feedback Program untuk meningkatkan produk Amazon.

Program Kaizen

Para Amazonians bekerja sama untuk menerapkan inisiatif lingkungan dan energi di seluruh bagian perusahaan melalui program Kaizen, yang berarti “perubahan yang lebih baik”. Melalui program ini, karyawan Amazon di semua tingkatan terjun ke setiap sudut dan celah dari proses yang ada untuk mengidentifikasi limbah dan desain alternatif solusi yang lebih hemat energi. Kekuatan proyek Kaizen berasal dari dampak kumulatif dari banyak orang yang berpartisipasi dalam sejumlah besar proyek yang terfokus, setiap pengurangan memberikan konsumsi energi dan limbah. Penghematan energi dari proyek Kaizen tunggal mungkin tidak tampak signifikan, tetapi dibagi di seluruh jaringan global kami, mereka dapat menghasilkan hasil yang berarti.

Bangunan Hemat Energi

Kantor pusat Amazon.com di Seattle terdiri dari, bangunan hemat energi yang berkelanjutan. Interior bangunan dan hutan lokal, lampu hemat energi dan pengomposan dan daur ulang alternatif, serta plaza publik dan kantong ruang terbuka hijau di luar bangunan. US Green Building Council telah dianugerahi enam bangunan ini dengan sertifikasi LEED Gold untuk desain dan metode konstruksi yang berkelanjutan. LEED, yang merupakan singkatan dari “Kepemimpinan dalam Energi dan Lingkungan Desain,” mengakui proyek yang paling sadar lingkungan industri.

uthe/Journalist/VMN/BL
Editor: Ruth Berliana