NYPD Segera Diperlengkapi Kamera Tubuh

(Business Lounge – News & Insight) Lebih dari tiga puluh petugas polisi di New York akan dilengkapi dengan kamera pada tubuh mereka pada akhir pekan ini. Hal ini merupakan program percontohan yang dilakukan kepolisian New York (New York City Police Department – NYPD) yang akan dilakukan selama tiga bulan.

Kamera kecil yang berbentuk datar terlihat seperti pager yang dapat dijepit pada rompi. Mirip dengan tie-clip microphone, kamera ini dapat merekam kejadian. Kamera ini pun ringan serta diyakini tidak akan menghambat pekerjaan si polisi tersebut.

“Program pemasangan kamera tubuh yang diadakan NYPD ini akan meningkatkan dan membangun kepercayaan antara polisi dan masyarakat,” demikian disampaikan oleh Departemen Kepolisian New York dalam pesan twitternya. Walikota Bill de Blasio memuji alat ini sebagai salah satu cara untuk menciptakan transparansi dan akuntabilitas. Juga sebagai cara pemerintah dapat membawa polisi dan masyarakat lebih dekat satu dengan yang lainnya. Demikian diharapkan Blasio.

Sedangkan Komisaris Polisi Bill Bratton mengatakan pada Rabu (3/12) bahwa penggunaan kamera ini akan berguna juga untuk meningkatkan perilaku pejabat serta menghalangi orang dari mengajukan keluhan palsu, demikian dilansir oleh New York Daily News. Bratton pun menambahkan “Secara universal, apa yang Anda lihat adalah bagian dari reformasi baik pada perilaku pejabat juga reformasi pada perilaku masyarakat.”

Ferguson Shooting

Kejadian penembakan yang terjadi di Ferguson, Negara bagian Missouri memang masih menyisakan permasalahan yang terus berlanjut. Terjadinya aksi unjuk rasa yang diikuti kerusuhan sampai penjarahan pada beberapa waktu yang lalu sangatlah memprihatinkan. Bahkan Gubernur Missouri Jay Nixon sempat menetapkan kondisi darurat di negara bagian tersebut.

Bagaimana peristiwa tersebut terjadi sebenarnya masih menimbulkan perdebatan hingga hari ini. Oleh karena itu pemerintah berupaya untuk memberikan sebuah antisipasi dari permasalahan yang terjadi agar tidak terjadi di kemudian hari.

Tetapi kejadian ini bukanlah kejadi yang pertama. Beberapa kejadian telah terjadi dan memakan korban baik dari sisi petugas maupun masyarakat tanpa ada tahu apa yang sebenarnya terjadi.

Program Percontohan NYPD

Dengan program percontohan ini maka diharapkan masyarakat dapat kembali memiliki kepercayaan kepada kepolisian New York.

Sekitar 35.000 petugas berseragam telah menjadi bagian kepolisian New York. Pada hari Senin (1/12), Presiden Barack Obama meluncurkan dana sebesar US $ 75 juta (sekitar 900 miliar rupiah) untuk mendanai rencana memperlengkapi para polisi dengan kamera mini. Diasumsikan pengadaan kamera mini oleh pemerintah setempat ini hingga mencapai 50.000 unit.

uthe/Journalist/VMN/BL
Editor: Ruth Berliana
Image: Antara