Google – Don’t be Evil

SpecialReportBL-google

 

Google lahir dari hasil proyek research yang dilakukan oleh Larry Page dan Sergey Bin ketika mereka menjadi mahasiswa S2 di Stanford University,California.

Perusahaan spesialis internet ini diperkirakan menjalankan lebih dari satu juta server di pusat data di seluruh dunia; dan memproses lebih dari satu miliar permintaan pencarian, juga sekitar 24 petabyte data user-generated. Alexa mendaftarkan google.com sebagai situs paling banyak dikunjungi di dunia. Banyak situs Google dalam bahasa lain berada pada peringkat seratus teratas, seperti yang dilakukan beberapa situs lain milik Google seperti YouTube dan Blogger.

Pada September 2013, Google beroperasi di 70 kantor pada lebih dari 40 negara. Dalam perjalanannya, Google banyak mengakuisisi perusahaan. Dalam tahun ini saja, Google sudah mengakuisisi  Green Throttle Games, Quest Visual, Skybox Imaging, dan Songza.

Google menduduki peringkat pertama sebagai tempat bekerja terbaik versi majalan Fortune pada tahun 2007, 2008, dan 2012. Google memiliki beberapa filosofi,  “Anda dapat menghasilkan uang tanpa melakukan kejahatan,” “Anda dapat bekerja serius tanpa mengenakan seragam,” dan “bekerja haruslah sesuatu yang menantang dan tantangan itu harusnya menyenangkan.

Karyawan baru Google memiliki panggilan unik “Nooglers”, dan wajib mengenakan topi yang memiliki baling-baling pada bagian atasnya pada hari Jumat pertama. Untuk memotivasi karyawannya, Google memberlakukan kebijakan yang disebut dengan Innovation Time Off, yaitu saat Google engineers diharapkan untuk menghabiskan 20% dari waktu kerja mereka untuk mengerjakan proyek-proyek yang menarik bagi mereka. Beberapa layanan baru Google, seperti Gmail, Google News, Orkut, dan AdSense berasal dari para pengembang independen tersebut.

Kantor pusat google juga berbeda dengan kantor-kantor kebanyakan. Disebut sebagai “Googleplex”, kantor pusat google ini memiliki lobi yang dihiasi dengan piano, lampu lava, kumpulan server lama, dan proyeksi tanda tanya di dinding. Lorong-lorong yang memungkinkan untuk bermain bola dan sepeda. Banyak karyawan pun memiliki akses menuju pusat hiburan perusahaan. Kebutuhan yang disediakan tersebar di seluruh kampus dan termasuk sebuah gimnasium dengan alat-alat olahraga, ruang loker, mesin cuci dan pengering, ruang pijat, permainan video, sepak bola meja, baby grand piano, meja biliar, dan ping pong. Selain ruang rekreasi, ada kamar camilan penuh dengan berbagai makanan dan minuman, dengan penekanan khusus ditempatkan pada gizi. Makanan gratis tersedia bagi karyawan 24/7.

Google juga memiliki logo unik yang disebut Google Doodle yang dirancang khusus sesuai dengan peringatan yang terjadi pada hari tersebut, seperti berbagai hari libur, acara, prestasi atau orang-orang terkenal. Google Doodle Pertama adalah untuk menghormati Burning Man Festival 1998. Awalnya doodle ini dirancang oleh Larry Page dan Sergey Brin untuk memberitahukan pengguna ketidakhadiran mereka dalam kasus server jatuh. Selanjutnya Google Doodles dirancang oleh kontraktor luar, sampai kemudian diciptakan oleh tim karyawan yang disebut “doodlers”.

uthe/Journalist/VMN/BL
Editor: Ruth Berliana

Related Posts

No Responses

  1. Laras Keiko

    Asli keren bangetttt kantor Google…
    Super duper kreatif, mantrapsss!

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.