Cirebon Food Diary II

dairycirebon3(Business Lounge – Fine Culinary) – Kembali lagi ke perjalanan kuliner di Cirebon. Kali ini, saya akan ceritakan nikmatnya nasi jamblang yang murah meriah dengan rasa yang luar biasa menggugah selera Anda. Jika Anda mengunjungi Cirebon, nasi jamblang sudah menjadi makanan yang umum berada disana. Saya tidak tahu berapa banyak persisnya yang menjual nasi jamblang disana, tetapi yang jelas, jika ingin menikmati nasi jamblang disana sebaiknya memilih yang namanya sudah sering dikenal, supaya Anda tidak kecewa.

Nasi Jamblang sendiri seperti nasi berukuran kecil, dan untuk lauk pauknya Anda bisa memilih sendiri sesuai selera. Mulai dari tempe, tahu, telur, udang goreng, ati, dan juga sayuran. Biasanya pada saat awal memesan nasi, kita bisa memesan nasi sesuai porsi yang cocok bagi kita, tetapi saya sendiri berani berkata kalau satu porsi masih terlalu sedikit karena ukurannya yang kecil, jadi memang idealnya bisa jadi adalah dua porsi. Selain itu, jangan lupa juga memesan sambal, karena makan nasi jamblang sepertinya kurang lengkap tanpa sambal yang nikmat. Untuk setiap nasi, sambal, lauk pauk dan sayuran yang Anda ambil, semuanya ada hitungannya sendiri, tapi jangan kuatir, karena tetap saja setelah dijumlahkan semua harganya tergolong sangat murah dan cukup untuk mengenyangkan perut Anda yang lapar.

Nasi Jamblang Ibad Otoy

diarycirebon1

Nasi jamblang yang saya rekomendasikan di Cirebon adalah Nasi Jamblang Ibad Otoy, yang berlokasi di Jl Dr.Cipto Mangunkusumo No.92 Cirebon. Harganya murah, dan lauk pauk yang tersedia disana termasuk banyak pilihan. Dan bukan itu saja, pastilah saya rekomendasikan juga karena rasanya yang enak. Dari semua lauk yang saya pilih, saya berani katakan semuanya berasa sangat enak.

dairycirebon5

Maafkan saya untuk foto yang sangat tidak menarik ini. Tetapi kenyataan mengenai makanan itu, sangatlah menarik sampai saya tidak melupakannya. Ya, itu adalah menu pilihan saya di Nasi Jamblang Ibad Otoy. Nasi dan sambal memang sudah pasti tidak lewatkan, dengan udang goreng, tempe goreng, telur, dan terong. Yang menyenangkan adalah udang gorengnya, rasanya betul-betul nikmat, dan ukurannya yang begitu pas. Yummy! Bumbu telurnya juga begitu meresap, serta tempe gorengnya berasa garing dan mantap. Dan yang sangat menarik sekali, adalah semua menu tersebut harganya hanya Rp 20.000,-. Wow! Bisa dibayangkan betapa puasnya saya menyantapnya. Bagaimana tidak, menu dengan harga murah dan rasa yang super nikmat ini benar-benar merupakan pengalaman kuliner yang menyenangkan bagi saya.

Pia-Pia

diarycirebon2

Orang pernah berkata bahwa Cirebon adalah kota udang. Saya rasa sebutan itu benar adanya jika Anda sudah mencicipi udang yang ada disana. Seperti udang goreng yang tersedia di Nasi Jamblang Ibad Otoy, itu rasanya luar biasa enaknya. Nah, ada makanan enak yang tidak boleh dilewatkan disana, yaitu pia-pia, yaitu sejenis bakwan udang khas Cirebon. Rasanya nikmat dan menggugah selera. Kalau Anda sudah menemukan ini, saya rasa satu pia-pia akan terasa kurang bagi Anda, karena rasa nikmatnya begitu terasa di lidah Anda. Pia-pia yang nikmat ini bisa Anda temukan di tempat makan Gado-Gado Prujakan yang berlokasi di Jln. Pekalangan, Cirebon. Selain untuk Anda konsumsi sendiri, pia-pia ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh karena rasanya yang lezat.

Cirebon memang merupakan salah satu pusat kuliner yang menarik. Harga makanan disana terjangkau, rasa makanannya sungguh nikmat, dan juga Anda pasti mendapatkan kepuasan. Hmmm…saya berani berkata, pengalaman wisata kuliner di Cirebon memang merupakan pengalaman yang menyenangkan bagi saya.

Fanya Jodie/VM/BL
All photos by Businesslounge
Editor : Fanya Jodie