Cara mudah Untuk Promosikan Bisnis Anda

(Business Lounge – Dominate the Market) Ketika anda memulai suatu bisnis, maka menjadikan bisnis atau produk Anda diketahui banyak orang bukanlah sesuatu yang mudah. Bahkan beberapa Public Relation terbaik pun tetap harus bekerja keras untuk memasarkan diri. Tapi satu hal yang saya tahu pasti: Jika Anda tidak memasarkan diri Anda sendiri,  tidak akan ada orang lain yang memasarkannya.

Dalam memulai suatu bisnis konsultasi atau bisnis apapun, ada dasar-dasar yang harus dilakukan setiap organisasi dan kebanyakan dari mereka melakukannya dengan gratis. Jika Anda melakukan hal-hal di bawah ini – maka Anda akan siap untuk beriklan.

No 1: Identifikasi audiens Anda.
Ini mungkin tampaknya sangat mudah dilakukan, tetapi banyak bisnis gagal untuk mengidentifikasi siapa audiensnya. Setelah Anda tahu “siapa” yang  Anda targetkan langkah berikutnya  adalah “bagaimana” untuk menjangkau mereka.

No 2: Menjangkau media lokal
Salah satu audiens Anda akan selalu menjadi media. Anda tidak dapat memperlakukan semua media dengan cara yang sama. TV memiliki kebutuhan yang berbeda dari media cetak dan radio dan juga sebaliknya. Tapi sebelum Anda bertindak, tanyalah pada diri sendiri:

• Apakah produk atau jasa Anda merupakan produk yang pertama, yang terbaik atau merek baru?
• Apakah akan menjadi trendsetting?
• Apakah memecahkan masalah?
• Apakah memberikan layanan yang unik?

Jika Anda tidak memiliki apapun yang cocok ke dalam kategori di atas, maka kemungkinan Anda tidak memiliki berita yang bagus. Tapi Anda masih dapat memberikan komentar yang berarti dengan menjadi seorang ahli di bidang Anda.

No 3: Sosial Media

Mari kita jujur bahwa ada berbagai saluran media sosial yang berbeda di luar sana. Arahan saya adalah memilih satu atau dua yang Anda pikir masuk akal untuk bisnis Anda dan pastikan menguasainya dengan baik. Anda dapat menghabiskan waktu berjam-jam menjelajah media sosial sampai detil, tapi di sini ada beberapa aturan umum praktis:

• Tujuannya adalah untuk melibatkan pelanggan – menjadi bagian dari diskusi dari industri Anda dan akan membantu Anda mendapatkan audience atau follower.
• Jangan takut untuk menjadi “friend” atau “follow” dari wartawan. Ide-ide Anda mungkin memicu cerita untuk mereka menulis.
• Mintalah umpan balik dari pengikut Anda. Sekali lagi, keterlibatan adalah kunci yang Anda ingin mereka untuk “like” dan “share” atau “retweet” apa yang Anda posting.

Kalau orangtua atau sahabat Anda sekarang di Facebook, maka salah satu aturan umum praktis yang bisa diterapkan adalah, jika Anda posting mereka akan melihatnya.

No 4: Daftar direktori gratis. Pastikan untuk mengklaim bisnis Anda di direktori online seperti Google Places, Yelp dan Yahoo.
Ada juga beberapa list lain, Yellow Pages menawarkan keduanya baik daftar gratis maupun berbayar. Mengklaim itu adalah bisnis Anda akan memungkinkan Anda tahu dan merespon ketika orang memiliki sesuatu yang baik atau sesuatu yang buruk untuk mereka katakan. Ini juga akan memungkinkan Anda untuk membantah komentar itu.

No 5: Website Anda. Diasumisikan Anda sudah memiliki satu website jika Anda membaca ini. Tapi Anda harus memastikan Anda yang membuat sebagian besar dari website itu. Dengan perubahan konstan dalam algoritma pencarian, Anda ingin memastikan konten Anda segar. Salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan memiliki sebuah blog. Saya melihat banyak situs yang dibangun satu atau dua tahun yang lalu dan belum pernah disentuh sejak itu.

Nomor 6: Menjadi dan semakin ahli. Mari kita hadapi itu, jika Anda menjalankan perusahaan Anda sendiri, Anda adalah seorang ahli dalam apa pun itu. Hal yang sama yang membuat perusahaan Anda layak diberitakan adalah hal-hal yang membuat Anda menjadi seorang ahli. Mulailah suatu blog dan berbicara tentang apa yang Anda ketahui, apa yang Anda pelajari sepanjang jalan – tantangan dan keberhasilan. Anda juga dapat memposting artikel dari orang lain (pastikan untuk memberikan kredit yang tepat) atau mengomentari mereka.

No 7: Terlibat dalam komunitas Anda. Carilah kelompok dan asosiasi yang sejalan dengan prioritas dan keyakinan anda. Kesukarelawanan adalah cara yang bagus untuk join dalam suatu jaringan.

No 8: Perkuat “brand” Anda secara konsisten. Kemungkinan perusahaan Anda sudah memiliki logo dan nama. Itu haruslah segala sesuatunya – diformat dengan benar. Nama dan logo adalah image yang mengatakan siapa Anda dan apa yang Anda lakukan. Pastikan itu mencerminkan bisnis Anda.

Item di atas hanyalah gambaran singkat. Mulai melakukan ke-delapan hal ini bersamaan mungkin sedikit berlebihan. Saran saya – lebih baik memilih satu atau dua item terlebih dahulu dan ketika Anda merasa sudah mantap, pindah ke yang berikutnya. Setelah Anda memiliki dasar-dasar ini, maka Anda siap untuk beriklan. Menjalankan bisnis berarti Anda sudah memiliki jadwal yang sangat penuh. Jadilah strategis dan juga punya metode ketika Anda harus mempromosikannya. Pastikan  “to-do” list di atas ini dilakukan.

iin3Endah Caratri/Managing Partner Vibiz Consulting Divisi Financial, Accounting dan Tax Services